Gigi Tetap Keempat, Kelima dan Keenam

Di usia Icha 6 tahun 6 bulan gigi tetapnya mulai berbarengan muncul secara bertahap. Gigi tetap keempat yang muncul adalah gigi seri bawah sebelah kanan.Rentang munculnya gigi tetap ketiga dan gigi tetap keempat agak jauh jaraknya.Gigi seri bawah kiri yang sudah muncul sebagai gigi tetap ketiga muncul bulan Maret lalu dan gigi tetap keempat yang muncul bulan Agustus.Bersamaan dengan itu secara perlahan gigi taring kiri mulai bergeser.Rupanya memberi ruang untuk gigi seri bawah kiri yang mulai tumbuh membesar.Nah, hal itu mengakibatkan gigi seri atas kiri mulai goyang.Tapi ternyata goyangnya gigi seri atas kiri karena mulai tumbuh kecil gigi tetapnya, yang akan jadi gigi tetap kelima Icha.Karena beberapa hal kita belum sempat ke dokter gigi untuk cabut gigi Icha yang mulai numbuh ini.Sampai suatu hari (Rabu, 14 September 2011) Icha cerita di telepon, “Bun, gigiku yang atas copot!Pas aku makan tiba-tiba gigiku copot sendiri, trus aku buang!” Wah jadi ngga sabar pingin pulang saat itu untuk lihat gigi Icha yang copot.

Beberapa hari kemudian gigi seri atas kanan juga mulai goyang.Saat makan Icha suka ngeluh sakit, ngga bisa gigit dan kadang berdarah.Ngga mau lama-lama, Rabu lalu kita ajak Icha ke dokter gigi untuk cabut giginya.Setelah diperiksa ternyata ada dua gigi Icha yang harus dicabut, yaitu gigi seri bawah kanan dan gigi seri atas kanan.Gigi seri kanan atas jadi gigi tetap keenam Icha yang muncul.Walaupun baru kecil kelihatannya karena sudah goyang, dokter menyarankan untuk dicabut saja.Saat masuk ke dokter gigi ngga masalah, tapi saat mau dicabut (dokter siap-siap pakai sarung tangan) mulai deh mogok buka mulut.Cukup lama menenangkan dan merayu Icha untuk mau buka mulut dan dengan tenang duduk di kursi.Sepertinya agak trauma, karena pernah aku paksa saat cabut giginya beberapa waktu lalu, Icha ngga mau lagi aku mendekat di kursinya.”Bunda jauh-jauh sana, jangan dekat aku, nanti aku dipaksa cabut gigi!” sambil nangis..Hiksss sediiih, maaf ya Nak semua demi kebaikan Kakak..*peluk cium* Setelah Icha mulai tenang di pangkuan Ayah akhirnya dokter berhasil mencabut dua giginya.Lega, Alhamdulillah…

Seperti biasa, habis cabut gigi nagih es krim.Nyebranglah kita ke Indomart tuk beli es krim, minta dua lagi.Iya deeh boleeeeh, satu langsung di makan, satu lagi disimpan di freezer buat esok katanya.

Pagi saat mandi aku geli saat Icha bilang,

“ Bun, hari ini aku ngga mau banyak senyum ah ke teman-teman.”

“Lho kenapa, Kak?”

“Malu Bun, gigiku ompong.”

“Oww ngga papa Kak.kalau ada temen yang nanya, bilang aja kalau gigi Kakak omong bukan karena rusak, tapi karena gigi tetapnya muncul, jadi emang harus dicabut.Semua teman-teman Icha nanti juga akan mengalami gigi ompong kayak Kakak.Dulu Bunda juga gitu.Kalau Bunda lihat temen Kakak juga ada yang ompong kok, itu si Mae..”

“Iya ya Bun.Iya deeeh..”

Hehehe..sampai di sekolah Icha tetep senyum ramah menyapa teman-teman dan beberapa kakak kelasnya..

ciiis pertama setelah dicabut 2 giginya

asyiiik dapat 2 es krim

12 thoughts on “Gigi Tetap Keempat, Kelima dan Keenam

  1. Gigi tetapnya mudah-mudahan bagus tumbuhnya yaa..soalnya anak anak saya itu, waktu gigi susu rapiiiihh..cantik..begitu gigi tetap tumbuh ko berantakan ngga rata dan gede-gede hehehe..
    Terpaksa harus pakai kawat gigi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s