Mengasah Otak dengan TTS

Salah satu majalah anak-anak yang sering dibaca Icha, ada satu majalah yang ada kolom Teka Teki Silang (TTS).Halaman inilah yang langsung dibuka dan dikerjakan Icha setiap kali menerima majalah ini. Icha semangat dan antusias kalau mengerjakan soal TTS. Pertanyaannya mudah buat anak seusia Icha karena memang disesuaikan dengan segment pembacanya.Dan ikuti cara mengerjakan sesuai dengan aturannya, antara lain jawaban pertanyaan ditulis mendatar atau menurun, huruf jawaban harus saling terkait dsb.Yang agak susah mungkin menemukan kata lain yang tepat supaya pas atau terkait dengan huruf yang sudah ada.Misalnya ada pertanyaan begini :

“Jika ada teman berkelahi, kita harus segera..…” Dengan kotak jawaban 7 huruf, Icha menjawab memisah.Bisa saja sih jawabannya itu, tapi ketika dikaitkan dengan jawaban berikutnya, ada huruf yang ngga bisa terkait.Jadi mesti cari kata yang sesuai.Dan ternyata kata lain memisah yang sesuai dengan jawaban TTS itu adalah melerai.

Beberapa soal yang langsung bisa dikerjakan, pasti Icha komentar lucu.Misalnya ketika ada pertanyaan makanan kambing adalah….

“Ah, ini mah cepil!” Cepil itu maksudnya kecil (mudah)..he..he..Lalu dia tulis rumput.

Kalau ada pertanyaan yang sama sekali Icha ngga bisa jawab, dia akan tanya Ayah atau Bunda.Baca pertanyaannya, memberitahu berapa kotaknya dan di situ sudah ada huruf apa.

“Paku jika didekatkan magnet makan akan…..Apa jawabannya, Bun? Ada 8 kotak, di kotak ke 4 ada huruf T!” Jawabannya tertarik..

Seru pokoknya!Menambah pengetahuan sudah pasti.Bagi Icha tidak hanya menambah pengetahuan, tapi juga melatih ketrampilan membaca dan menulisnya.

Jadi ingat kebiasaan Ibuku dulu, suka sekali mengisi TTS.Dulu di majalah Kartini, Kompas, atau majalah apapun yang ada TTS nya tidak pernah terlewatkan untuk diisi oleh Ibu.Bahkan Ibu sering membeli buku yang isinya khusus TTS.Mengasah otak, kata Ibu!

Oiya, ada satu kolom ni di edisi kemaren yang belum terjawab sampai sekarang.Pertanyaannya "hewan yang merugikan petani adalah…." Ada 7 huruf, depannya K paling belakang R.Apa ya kira-kira jawabannya.Ada yang bisa bantu?

Rekaman kegiatan Icha isi TTS

mulai mengerjakan

serius…

selesai…

19 thoughts on “Mengasah Otak dengan TTS

  1. lucu. tts buat anak-anak.
    dulu waktu aku kerja di majalah internal, aku suka bikin sendiri loh tts itu. uniknya, aku tentukan dulu jawabannya (tts diisi penuh), baru membuat pertanyaannya.😀

  2. miapiyik said: oiya, ga kepikir kampret , tp kan belakangnya R🙂

    sepertinya ngga pak, karena posisi itu 12 mendatar dengan 9 kotak pertanyaannya "abas sedang…gerobak ke pasar." trus di 7 menurun pas di posisi R kata mendorong itu ada pertanyaan hewan yang merugikan petani itu dengan 7 huruf yang awalan hurufnya K..
    nanti coba kita lihat kunci jawabannya yaaa (masih nunggu 3 edisi lagi) he.he.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s