Panca Indera


Are u smarter than a 5th grader? Ayo siapa berani diuji di acara GTV ini…he..he..Ilmu pengetahuan yang pernah diajarkan Bapak Ibu Guru kita dulu adakalanya blank saat anak kita menanyakan sesuatu.Yang dulunya terasa gampang karena memang sedang dipelajari di sekolah, tapi kini “terlupakan” dan malah ingat kembali setelah anak kita yang menjelaskan.He..he..iya ngaku deh ngaku Bunda lupa tentang panca indera!Payah deh Bunda…

Kejadian semalam sebelum tidur, tiba-tiba Icha mengajukan pertanyaan.
“Bun, sebutkan panca indera kita!”
“Panca indera? Hmm mata, hidung, telinga.Apalagi kak hayooo…!” Ha..ha..Bunda balik mengajukan pertanyaan ke Icha karena memang blank, panca inderanya apalagi ya?
“Lidah dan telinga, Bun!”
“Wah, pinter anak Bunda!” hi..hi..baru ingat yang dua lagi lidah dan telinga.
“Gunanya untuk apa Bun panca indera kita?”
“Kakak aja coba yang menjelaskan.” Ini bukan karena Bunda ngga tahu loh, mau menguji Icha aja kira-kira Icha bisa mengajukan pertanyaan itu tahu ngga jawabannya..he..he..
“Mata untuk melihat, hidung untuk mencium bau, telinga untuk mendengar, lidah untuk mengecap, kulit untuk merasakan.”
“Wah, hebat anak Bunda, pinter banget!” Cipika cipiki buat Icha!

Baru deh otak ini rasanya memutar kembali memori-memori yang pernah terekam.Lalu Bunda coba jabarkan tentang lidah sebagai indera pengecap.Dari fungsi lidah sebagai indera pengecap kita bisa merasakan rasa asin yang ada di ujung depan lidah, rasa manis di tepi depan, rasa asam dipinggir, rasa pait di belakang.Kulit sebagai indera peraba bisa merasakan rasa sakit, sentuhan dll.

Icha menyimak apa yang Bunda jelaskan, terlihat puas dengan penjelasan Bunda dengan berulang kali mengatakan..”o, gituu..” Duuh Nak Bunda juga senang kalau bisa menjawab apa yang ingin kamu ketahui.Ayo Bun, banyak lagi belajar ya dan ingat-ingat pelajaran Pak Guru dan Bu Guru yang pernah beliau sampaikan!!

Satu lagi pertanyaan penutup yang Icha ajukan, sempat membuat Bunda gelagapan.
“Bun, apa fungsi ketiak?”
Duuduuuduuu…ayo siapa yang tahu fungsi ketiak?

19 thoughts on “Panca Indera

  1. yudiansyah said: gunanya supaya bisa ditumbuhin bulu-bulu biar bisa bau.. atau harum..

    xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

  2. mbaktyas said: hahahha.. bunda gelagepan tuh cha..besok2 tanyain yang ‘aneh2’ lagi yaa.. kita liat pinter mana icha sama bundanya..😀

    waaah pertanyaannya udah mulai tingkat tinggi nih icha hehhe…tante masih tingkat bawah nih biar bundanya aja yg jawab ya ntar tante mo nyontek jawabannya aja yaa hehhehee….

  3. mbaktyas said: hahahha.. bunda gelagepan tuh cha..besok2 tanyain yang ‘aneh2’ lagi yaa.. kita liat pinter mana icha sama bundanya..😀

    supaya keringet dan bau badan bisa keluar….betul apa salah ya bun?….duh dah lama ga buka MP tambah pinter aja nich kak icha….

  4. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    ha..ha..wangi kok Yud dah pakai Rexona..:D

  5. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    untuk iklan deodoran!!!!! hihihihi

  6. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    wakakakak..deodoran itu apa tante? xixixixi nanya lagi Icha tante..;))

  7. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    Deodoran itu kegedean… (Eh, itu kedodoran yak?)

  8. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    ha..ha..bisa aja tante..;-)

  9. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    mbak…ada buku yang bagus untuk dibaca..keajaiban-keajaiban di tubuh kita…

  10. bundaicha said: xixixi..ttg rambut ketiak, saya sedikit jelaskan, nanti kalau kakak udah besar akan ada rambutnya..balik nanya Bunda ada ngga rambutnya..xixixi..terpaksa ditunjukkin ada donk..:))

    oyaaa..mau donk mbak infonya buku apa judul dan penerbitnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s