Aku bisa membaca sendiri

Bunda lupa kapan tepatnya -mungkin sebulan yang lalu- saat siang itu Bunda telepon ke rumah, Icha bilang ada

surat

dari RS Mitra Keluarga.


Surat

dari RS Mitra Keluarga kak?”

“Iya Bunda.Ni suratnya aku pegang.” Lalu “

surat

” itu di bacanya per kata.

“ R-S mi-t-ra ke-lu-a-r-ga.”


Masih ngga percaya dengan apa yang Bunda dengar, Bunda minta konfirmasi mbaknya.

“Mbak itu kakak baca sendiri?”

“Iya Bunda, dari tadi kok pertama kali liat “

surat

” itu sudah dibaca kakak “RS Mitra Keluarga.”


Surat

yang dimaksud Icha itu ternyata brosur jadwal dokter yang ada di RS Mitra Keluarga.



Alhamdulillah inilah hasil proses belajarnya mengenal huruf-huruf. Walau membaca masih terbata-bata Bunda tetep bangga dan relung hati ini rasanya mengharu biru.


Selain di rumah dan di sekolah Icha dikenalkan dengan huruf-huruf, seminggu dua kali Icha ikut les membaca di deket rumah.Di tempat les “Rumah belajar Ananda” Icha diajari membaca dengan system roudhoh.Belajar membaca lewat lagu dan kartu-kartu lucu yang mudah diingat anak dengan mengajarkan per suku kata misalnya ba-bi-bu-be-bo.Ngga ada target apa-apa saat Bunda masukkan les membaca saat itu, hanya mengisi hari kosong di sela-sela sekolah play groupnya yang hanya seminggu tiga kali dengan kegiatan yang bermanfaat.Alhamdulillah kegiatan di tempat lesnya diikuti dengan senang hati dan kemampuannya mengenal huruf-huruf abjad itu menunjukkan kemajuan yang pesat.Sekarang Icha lagi giat belajar menulis.Masih dalam tahap melenturkan jari jemarinya, mengikuti lekak lekuk huruf.Masih suka kebalik antara huruf b,d, dan p.Paling jago menulis namanya sendiri –ICHA-he..he..Terus semangat ya Nak!



Sejak bisa mambaca itu Bunda perhatikan kalau ketemu kalimat atau kata yang tulisannya masih besar-besar tuh Icha akan antusias untuk membacanya.Ketika berita tentang Manohara merebak, di sebuah tabloid tertulis nama Manohara.Icha lalu membacanya.


“Ma-no-ha-ra.Ooo ini tho Manohara.” Ha..ha..mungkin selama ini dia sering dengar nama Manohara yang lagi dibicarakan dimana-mana.Begitu membaca nama Manohara dan melihat foto besar Manohara yang ada di tabloid itu, jadi tahu inilah wajah Manohara.



Dua minggu yang lalu pas ke

Bogor

kita mampir ke Gramedia Botani.Wah antusias banget deh Icha.Lihat-lihat buku dan dengan semangatnya semua buku yang ditemui judulnya dibaca.Ini kalau lagi mood mau baca kalau ngga dibujuk-bujuk juga ngga bakal mau baca he..he..Waktu di sana nemu brosur ini.



Aku bisa membaca sendiri.Lalu di situ juga ada tulisan “aku mau tahu”.Oleh Icha dibacanya aku mau tahu yang artinya bukan aku ingin tahu tapi aku mau “tahu” (makanan).Hi..hi..Bunda juga mau ahhh tahu susur..


35 thoughts on “Aku bisa membaca sendiri

  1. tante Lessssyyy i miss uuuu…ayuk tante kapan pulang ke Indo ketemu Bunda udah ama Icha kapan donk?Ntar Icha bacain cerita-cerita di majalah Bobo deh mau ngga?🙂

  2. oh…sistem baca pake’ kartu itu namanya sistem Roudhoh ?
    aku dulu bikin sendiri kartu2 "ba, bu, bi, bo, ca, pa, di" dst, trus si anak diajakin nyusun kata
    Icha hebat ya …udah bisa baca dua konsonan berjejer seperti "mitra"🙂

  3. myshant said: oh…sistem baca pake’ kartu itu namanya sistem Roudhoh ?aku dulu bikin sendiri kartu2 "ba, bu, bi, bo, ca, pa, di" dst, trus si anak diajakin nyusun kataIcha hebat ya …udah bisa baca dua konsonan berjejer seperti "mitra"🙂

    iya jeng namanya itu, wah hebat ni jeng Shant kartunya bikin sendiri, kreatif..:)
    mitra diejanya masih terbata jeng kadang dibaca mit-ra, kadang bisa mitra..lagi proses belajar tante..:-)

  4. beranda said: alhamdulillah…jadiii pengen ngursusin anak juga neh ^__^

    selamat ya icha.. pasti menyenangkan sekali ya rie.. ketika anak kita udah bisa membaca.. seperti membuka dunia baru untuk dia..^_^

  5. bundaicha said: mitra diejanya masih terbata jeng kadang dibaca mit-ra, kadang bisa mitra..lagi proses belajar tante

    gpp, udah bagus banget anak seusia Icha bisa membaca
    kata guru SD di Al Fikri dulu malah bilang, harusnya mengajari anak membaca dan menulis itu tugasnya guru kelas 1, jadi gpp kalau ada anak mau SD belum bisa baca tulis
    tapi kalau menurutku kalau masuk SD blum bisa calistung ,takutnya si anak gak bisa ngejar pelajaran lain

  6. bundaicha said: mitra diejanya masih terbata jeng kadang dibaca mit-ra, kadang bisa mitra..lagi proses belajar tante

    keprook keprook buat k icha….waah hebat yaa…blm SD tp udah lancar membacanya…ntar jgn lupa baca MP bundanya yaa hehhe..

  7. myshant said: tapi kalau menurutku kalau masuk SD blum bisa calistung ,takutnya si anak gak bisa ngejar pelajaran lain

    iya ni jeng sependapat, paling ngga anak udah bisa baca gitu ya masuk SD.Jaman saya dulu kelas 1 masih ngeja bacanya INI BUDI, INI IBU BUDI hi..hi..

  8. zahratefiani said: keprook keprook buat k icha….waah hebat yaa…blm SD tp udah lancar membacanya…ntar jgn lupa baca MP bundanya yaa hehhe..

    blom lancar banget kok tante, masih terbata-bata..lagi proses belajar tante..:-)

  9. andinirizky said: Icha pinter deh. Tinggal ngelancarin aja ya. Beliin buku cerita dong Bunda.

    iya ni tante alhamdulillah…iya kalau disodori buku cerita seneng deh Icha tapi kadang masih ngga mau baca lama-lama terutama yang hurufnya kecil2, semangat baca judulnya saja yang gede2 hurufnya he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s