[MVB #1] Singkong Thailand

Multiply Virtual Buffet Group (MVB) yang diprakarsai oleh Mbak Yeni dan mbak Lina ini baru saja lahir.Top banget deh idenya beliau-beliau ini.Coba tengok deh di sini.

Partisipasiku yang pertama untuk MVB gampang banget cara bikinnya, enak dan lezat pastinya *muji ndiri* .Akhir-akhir ini aku memang lagi gandrung sama singkong.Sudah berbagai macam olahan yang aku bikin dari singkong, terutama untuk snack, seperti singkong keju, lapis singkong, klepon singkong, combro, misro dan lainnya.Harganya murah dan mudah didapat itu yang jadi salah satu alasan semangat ngutak ngatik olahan dari singkong.Kalaupun gagal total ngga rugi banyak..he..he…

Beberapa hari yang lalu ngobrol sama seorang teman yang menceritakan kelezatan singkong Thailand.Jadi terusik deh untuk mencoba resepnya.Ngga tahu ya kenapa dinamakan singkong Thailand.Kalau boleh aku ubah sih maunya dinamakan singkong Bekasi ha..ha..ngga ngetop ya namanya..

Bahan :

500 gr singkong, potong 1×1 cm atau sesuai selera

2 lembar daun pandan

1/4 sdt garam

100 gr gula pasir

1/4 sdt vanili

Saus :

1 buah santan kara (isi 65ml)

100 ml air

2 sdm tepung maizena

1 lembar daun pandan

50 gr gula pasir

¼ sdt garam

¼ sdt vanili

Cara Membuat :


1.Masak singkong bersama air, garam, daun pandan hingga empuk.Setelah empuk baru tambahkan gula pasir, aduk rata, masak kembali sampai air terserap habis.Sisihkan

2.Saus : Larutkan santan dengan 50 ml air, tambahkan garam, vanili, daun pandan dan gula pasir.Aduk rata, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan 50 ml air.Masak hingga matang.


Penyajian :

Siram singkong yang sudah direbus dengan saus, hias diatasnya dengan daun pandan biar tambah cantik dan wangi tentunya

Selamat mencoba!Jangan lupa bagi-bagi.


44 thoughts on “[MVB #1] Singkong Thailand

  1. inci73 said: ini kayak setup memang ya, biasanya yg dibikin setup kan pisang ya kadang dicampur ubi juga enak:-) nice pic..

    iya kali ya mbak inci tapai kalau setup ngga pakai santan, apapun namanya yang penting enak ya mbak ..:-)

  2. yusys said: mantaaab….

    hmm yummy……. kenapa dinamakan singkong thai krn singkongnya dari bangkok… hehehheh yg putih itu Rie…. tapi krn ini singkongnya asli indonesia sah sah aja Arie kasih nama singkong bekasi.. termasuk salah 1 eh bukan ding salah banyak (soalnya banyak siih) makanan favoritku….:)

  3. vilimo said: thanks Arie for adding.. & thanks juga buat partisipasinya.ini salah satu camilan favoriteku…mesti dicobain nih resepnya..

    sama sama mbak Lina..

    ayo dibagi ya mbak kalau dah coba..:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s