Icha & Fadhil

Fadhil salah satu temen maen Icha di rumah.Umurnya selisih 6 bulan, lebih tua Fadhil.Sama-sama endut.Ada saatnya berdua rukun seperti maen peran “papa dan mama” hi..hi..berdialog jadi orangtua boneka-boneka Icha.Ada saatnya pula berantem, rebutan mainan dan akhirnya salah satu nangis atau malah dua-duanya nangis.He..he..

Ada

aja cerita tentang Icha dan Fadhil yang Bunda sengaja mau simpan dan cerita di sini.


:::

Suatu sore Ayah dapat laporan dari Umminya Fadhil kalau Icha tadi pagi saat bersama-sama belajar di Rumah Belajar Ananda, Icha memukul Fadhil sampai Fadhilnya nangis.Bunda tanya donk sama Icha

“Kak, tadi kenapa Fadhil dipukul!”

“Habis Fadhil bilang gambarku jelek.Aku khan ngga suka!”

“Lho tapi ya ngga usah mukul khan kak.Bilang aja Fadhil ngga boleh mengejek gitu.Gitu aja.”

“Udah dibilangin Bunda, tapi Fadhil masih bilang jelek aja!”

Mana yang benar Bunda ngga tahu persis peristiwanya.Tapi Bunda tetep kasih nasehat Icha kalau mukul temen itu tidak baik.


::::

Lain waktu mbaknya bilang kalau Icha dorong Fadhil dan Fadhilnya nangis.Bunda tanya lagi ke Icha

“Kak, tadi Fadhil do didorong ya, kenapa?”

“Itu lho Fadhil pakai sepedaku ngga bilang-bilang.Khan harusnya minta ijin dulu, Bunda!”

“Iya sih, Kak.Kalau pinjam punya orang lain memang harus bilang dulu.Tapi kalau ada temennya yang pinjem sepeda kakak dan ngga bilang lebih baik dinasehatin aja kak. Fadhil, lain kali kalau pinjam sepedaku bilang, ya.Gitu. Daripada didorong, khan kasihan, kalau sampai jatuh gimana.

“Ngga papa..”


:::::


Saat itu Icha lagi maen bubble (air sabun yang ditiup menghasilkan bola-bola sabun), Fadhil datang.Melihat Icha maen bubble Fadhil pingin juga.Tapi karena cuman satu ya Bunda minta mereka gentian.Pertama-tama gentian tapi lama-lama salah satu dari mereka ngga sabar menanti giliran.Bunda yang jadi penengah deh.Saat Fadhil minta gilirannya, Icha yang sudah dari tadi maen, Bunda minta gantian.Tapi Ichanya ngga mau.

“Kakak, gantian donk sama Fadhil maen bubblenya.”

“Tadi Fadhil

kan

sudah dipinjemin, Bunda.”

“Ya mainnya gantian, Kak.Fadhil pingin mainan buble juga.”

“Tapi ini

kan

punyaku.Aku yang beli!”

Wah, kalau udah begini ya Bunda mesti pinter-pinter cari akal supaya mereka ngga keterusan berantemnya.Salah satunya dialihkan ke permainan lain yang bisa maen bersama-sama.


::::::

Begitulah, sekarang anak Bunda sudah mulai “berani”.Tapi ya harus diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik, bukan cara “preman” dengan memukul atau mendorong.Dan sekarang kalau dinasehatin sudah bisa pula berargumen.Selama argumennya bisa diterima ya Bunda iya iya aja.


Satu lagi curhat Icha semalam tentang Fadhil,

“Bunda, tadi sore

kan

aku ama mbak mau maen ke tempat Fadhil.Terus ada yang bilang, Fadhil, tuh dicari Icha!Fadhilnya bilang ngga mau maen sama aku.Icha jelek, katanya!Aku ngga jadi maen,pulang aja!Aku ngga mau temenan ah ama Fadhil!”


Tapi ya begitulah anak-anak, ya.Walaupun bertengkar, berantem, rebutan besoknya ketemu rukun kembali seperti tidak terjadi apa-apa.Seperti foto di atas, diambil tadi pagi saat berdua sama-sama mau belajar di Rumah Belajar Ananda.Rukun, saling bercanda!Indahnya masa kanak-kanak..


19 thoughts on “Icha & Fadhil

  1. Hwehehehe…
    Berantem sama temen maiiiinn… siiip, jagoan semua yaaaa…hehehehe….
    Kalau nggak berantem jadi nggak seruuu…. bunda nggak terpacu adrenalinnya…nggak terasah kesabaran dan kecerdasannya…hehehe….

  2. kalo temen rumahnya de icha lebih banyak lagi pasti seruuu ya…. tapi de icha hebat udah berani beladiri, kalah nih dhafin…, tapi kita memang mesti belajar ama anak2 ya mbak…, berantem langsung baikan lagi…, coba tuh para politikus, pejabat, artis… suruh jadi anak2 lagi ya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s