Bye Bye Botol Dot

Alhamdulillah usaha Bunda untuk “menyapih” Icha dengan botol dotnya sudah berhasil.


Sabtu, 15 Maret 2008 pukul 14:00 detik terakhir Icha minum susu memakai botol dot menjelang tidur siangnya. Sejak Bunda share sesaat tanpa dot beberapa waktu yang lalu tekad Bunda memang sudah bulat *hi..hi..semangat 45* untuk bisa menyapih Icha dari botol dot.Selain tips-tips yang pernah Bunda share Bunda jalankan, Bunda juga menunggu waktu yang tepat agar Icha siap mental menghadapi perpisahan dengan dotnya dan diam-diam Bunda sendiri juga mesti siap mental agar misi ini berhasil!Wuih kesannya kayak mau apa gitu ya, tapi bener ini kenyataan yang ngga bisa dipungkiri.Kalau kita ngga siap mental juga bisa gagal total.


Cerita tentang detik-detik menjelang berakhirnya masa ngedot Icha pakai botol dot ini sebenarnya sejak Sabtu pagi sudah Bunda mulai.Tetapi tidak secara frontal saat itu juga tidak boleh minum susu pakai botol dot.Berikut prosesnya :

1. Bunda komunikasikan dengan Icha yang intinya bahwa mulai hari ini Icha minum susu pakai gelas.Botol dot tidak akan dipakai Icha lagi.Icha sudah besar, hanya adik bayi yang minum susu pakai botol dot.Meski panjang lebar harus Bunda jelaskan dengan “bahasa” Icha, akhirnya langkah pertama berhasil dengan janji Icha “Iya, Icha mau mimik susu pakai gelas!” Langkah awal yang baik.

2. Menyingkirkan dua botol dot Icha yang masih ada dari pandangan kita.Walaupun sebenarnya botol dot kita sembunyikan di kolong dapur, tapi kita bilang kalau botol dotnya sudah kita buang di tempat sampah.Maaf ya Cha Bunda bohong tapi ngga papa ya demi kebaikan.

3. Sabtu sore itu sehabis pulang dari seminar kita mampir ke mall untuk membeli gelas yang akan jadi pengganti botol dotnya.Bunda bilang, Icha boleh memilih gelas mana saja yang Icha mau.Gelas kecil mungil warna pink yang ada sedotannya jadi pilihan Icha.Sebenarnya Bunda pingin gelas aja yang ngga pakai sedotan, tapi Bunda juga mesti ingat dengan janji Bunda untuk membebaskan Icha dengan pilihan gelasnya.Deal, gelas itu yang dipilih Icha untuk minum susu.



4. Bunda, Ayah dan mbak sudah kompakan untuk mengatakan tidak pada permintaan Icha minta minum susu pakai botol dot.Mental kita beberapa kali diuji untuk tegar dan tega tiap kali Icha menangis minta susu di botol dot.Sempet mau luluh juga ngga tega gitu rasanya, tapi memang mesti tega kalau ngga bisa gagal misi kita.Sabtu malam (hari pertama Icha lepas dari botol dot) menjelang tidur Icha masih minta susu di botol dot.Bunda hanya mengingatkan janjinya dan menawarkan minum susu memakai gelas pilihannya.Komentarnya lucu saat minum susu procal di gelas.

“Kok susunya asin ya, Ma?” Emang Bunda cicipin susu procal ngga manis, gurih aja rasanya.Dari 100 ml yang Bunda bikin hanya 50 ml saja yang dihabiskan Icha, itupun diminum sedikit-sedikit.Padahal kalau pakai botol dot 250 ml habis dalam hitungan menit.Malamnya sempet bangun dan menangis karena Bunda ngga kasih susu botol dot yang Icha minta.Bunda bikin susu procal di gelasnya tapi hanya sedikit saja yang diminum.Yang banyak diminum justru air putih.Siip biar sehat ya Nduk!


Untuk benar-benar lepas dari botol dotnya memang perlu proses.Dua hari setelah disapih beberapa kali Icha masih suka meminta susu pakai botol dot.Tapi tidak ada pilihan lain kalau mau susu ya harus pakai gelas.Susu procal yang dibuatkan di gelas hanya diminum sedikit saja.Malah kadang ngga minta susu lagi tapi minta teh di gelas.


Seminggu lebih 2 hari (sampai hari ini) sudah berlalu dan Icha sudah lulus minum susu tanpa botol dot lagi.Banyak kemajuan, berikut catatan Bunda

1. Tidak lagi meminta susu di botol dot.Sepertinya sudah paham dengan apa yang Bunda tanamkan dengan mencermati komentarnya kalau kita godain mau susu di dot? Jawabnya ”Kalau adik bayi mimik pakai dot.Icha udah besar pakai gelas donk!”

2. Sudah terbiasa minum susu procal pakai gelas.Sehari tidak banyak hanya 100 ml pagi dan sore (semoga bisa mengurangi berat badannya yang gendut).Kalau dulu malam bisa minum susu procal 250 ml x 2 sekarang malam sudah tidak minta susu lagi.Kalau minta minum Bunda beri air putih (jadi jarang ngompol kalau malam hari).

3. Semakin hari susu procal yang kita tawarkan di gelas berkurang diminumnya, malah sudah 2 hari ini tidak mau minum susu procal.Tapi untungnya susu UHT yang kita sediakan Icha masih mau meminumnya.Sehari kita batasin maksimal 3 kotak kecil.


Lega akhirnya benar-benar bye..bye…botol dot!

44 thoughts on “Bye Bye Botol Dot

  1. Top banget bunda….akhirnya setelah melalui perjuangan yang berat berhasil….lila minta tips gimana caranya memulai minum dari sedotan dong bun…selamat ya kak icha dan bunda….

  2. benar mba Arie…. dulu pas si Icha juga, anak pertama, bebas pake dot pas umur 1 tahun 8 bulan… dengan perjuangan sekali karena susaaah banget yang namanya ngelepas dot itu, makanya pas anak kedua ini, saya gak pernah kasih dot ke dia dan sejak umur 8 bulan sudah bisa minum di gelas sendiri bahkan sekarang pas umurnya 1 tahun 4 bulan setiap kali minum digelas sudah habis sekitar 100 -150 ml atau sekitar 1/2 – 3/4 gelas

  3. aku perlu belajar banyak nih dr mbak ari. Rencana utk vari baru mau aku mulai bulan depan, krn tiap kali klo aku tanya kapan dia ga nge-dot lagi selalu dijawab "nanti kalau umur 3" moga2 aja dia konsekuen.
    Selamat ya icha..selamat ya bunda🙂

  4. hore…bundana icha suksyes nih menjalankan misinya hehehe…..
    klo naura mah blom bisa nih pake sedotan coz dia klo minum susu musti tiduran,nyumnyum…slurrrpp…:D

  5. atiraz said: Top banget bunda….akhirnya setelah melalui perjuangan yang berat berhasil….lila minta tips gimana caranya memulai minum dari sedotan dong bun…selamat ya kak icha dan bunda….

    makasih mbak..kalau minum dari sedotan kayaknya insting juga deh mbak anak akan menyedot sendiri tapi kadang juga ditiup lama kelamaan akan bisa dengan sendirinya asalkan sering dilatih…:)

  6. wietjevanbawor said: Horeeeeeeeeeeee..selamad ya icha…, klo arista masih doyan pake "mag2" dia….itu yang model corong putih lobangnya gede banget.. tapi bukan dot.. , taunya mag2

    makasih nte wit, hadiahnya apa donk nte? he..he..
    ngga papa pakai mag2 juga oke kok..

  7. evidakartini said: benar mba Arie…. dulu pas si Icha juga, anak pertama, bebas pake dot pas umur 1 tahun 8 bulan… dengan perjuangan sekali karena susaaah banget yang namanya ngelepas dot itu, makanya pas anak kedua ini, saya gak pernah kasih dot ke dia dan sejak umur 8 bulan sudah bisa minum di gelas sendiri bahkan sekarang pas umurnya 1 tahun 4 bulan setiap kali minum digelas sudah habis sekitar 100 -150 ml atau sekitar 1/2 – 3/4 gelas

    wah kak icha hebat ya dah lepas dot di usia segitu..siip bisa jadi contoh nanti untuk anak kedua bisa lebih direm botolnya (maunya sih ASI ajah..)

  8. ardhanamesvari said: aku perlu belajar banyak nih dr mbak ari. Rencana utk vari baru mau aku mulai bulan depan, krn tiap kali klo aku tanya kapan dia ga nge-dot lagi selalu dijawab "nanti kalau umur 3" moga2 aja dia konsekuen.Selamat ya icha..selamat ya bunda🙂

    makasih tante wit..
    sama-sama belajar mbak wit yaaa..moga Vari juga segera bisa lepas dari dotnya..ayo Vari kamu bisa..:)

  9. ardhanamesvari said: aku perlu belajar banyak nih dr mbak ari. Rencana utk vari baru mau aku mulai bulan depan, krn tiap kali klo aku tanya kapan dia ga nge-dot lagi selalu dijawab "nanti kalau umur 3" moga2 aja dia konsekuen.Selamat ya icha..selamat ya bunda🙂

    ikut jurus NAnny deb…sita semua botol dot..!!

  10. n13ku said: hore…bundana icha suksyes nih menjalankan misinya hehehe…..klo naura mah blom bisa nih pake sedotan coz dia klo minum susu musti tiduran,nyumnyum…slurrrpp…:D

    he..he..sukses besar..:)
    wah emang asyik ya naura nyusu sambil boboan..:)

  11. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    setelah lepas dotnya, minum susunya berkurang berapa banyak mbak… terus makannya jadi banyak nga?

    hiks, sy setiap kali mau ‘tega’ belum kesampaian juga… takut nanti gimana2 gt…. kayaknya emang betul mbak mesti tega… dhafin msh ngedot kalo mau bobo, kalo siang sih udah pake gelas…. padahal dotnya jg udah kayak gelas, bolongnya udah fuul banget… semoga mengikuti jejak de icha ya🙂

  12. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    iya Teh sempet berkurang banyak, terutama susu procalnya.Sekarang hanya mau 50 ml ajah sekali minum.Tapi susu yang lain (UHT: ultra, indomilk kids) mau teh sehari bisa 3 kotak.Makannya juga ngga masalah teh.Kalau ini khan emang dasarnya Icha doyan makan kali ya teh..:)

    saya juga butuh ketegaran teh, sebenarnya ngga tega liat Icha nangis kehilangan dotnya, tapi ngga lama kok Teh paling butuh waktu aja, habis itu udah lupa dengan dotnya…

    ha..ha…bayangin dotnya kak dhafin bolong..ngga papa teh mesti butuh waktu yang tepat, tiap anak khan beda2 ya, ada yang udah siap ada yang belum, jangan dipaksain..moga segera bye bye dot ya Kak Dhafin..:)

  13. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    iya nih udah pingin nyapih…. tp dhafin makannya susah banget, dan kalo nanti banayk minum susu UHT, takut ama gulanya juga ya… semoga nanti ada jalannya, sekarang sudah dimulai dengan hanya minum susu dot kalo mau bobo malam saja, dulunya mah mbak aduuuh setiap saat, bisa 6-8 dot sehari…😦

  14. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    iya teh pelan2 aja, bertahap.susu UHT nya saya batasin maksimal 3 kotak teh ngga boleh lebih, soalnya ntar sama aja pisah botol UHT yang susah sapihnya..he..he..

    sama Icha teh dulu juga ngga tahan susunya..tapi lama kelamaan juga bisa direm..

    sun sayang buat kak Dhafin ya Teh..:)

  15. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    Pinter deh Icha…selamat ya….bye2..botol susu …:), dulu Aisya dan Dansih bareng melepas botol susunya, gara2 danish waktu itu lagi batuk, jadi setiap minum susu langsung muntah lagi, akhirnya kita kasih tau kalo untuk sementara gak minum susu dulu tapi minum teh hangat dan di gelas, ketika batuknya sudah reda, kita coba teruskan pakai gelas minum susunya, eh…gak nyadar akhirnya keterusan minum dari gelas🙂, dan gak minta minum di botol lagi he2…

  16. evanda2 said: Aku tinggal Maisaan nih yang susah lepas dari dot-nya… hmmmm…Icha udah gede ya….. pinter ya sayang…

    itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

  17. miekehafidz said: Pinter deh Icha…selamat ya….bye2..botol susu …:), dulu Aisya dan Dansih bareng melepas botol susunya, gara2 danish waktu itu lagi batuk, jadi setiap minum susu langsung muntah lagi, akhirnya kita kasih tau kalo untuk sementara gak minum susu dulu tapi minum teh hangat dan di gelas, ketika batuknya sudah reda, kita coba teruskan pakai gelas minum susunya, eh…gak nyadar akhirnya keterusan minum dari gelas🙂, dan gak minta minum di botol lagi he2…

    wah gampang banget lepasnya ya mbak mieke..selamat juga buat Danish..:)

  18. yusys said: itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

    he..he..iya tante hasil dot-nya selama ini gembul dimana-mana…

  19. yusys said: itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

    horeeeeee…. lebih enak minum dari geals kan :)… ada problem ngompol ga jeng?

  20. yusys said: itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

    he-eh tante lebih enak di gelas..:)
    sejak minum susu pake gelas, malam jarang minum jadi ngompolnya jarang juga..kalau dulu bisa berkali2 ngompol, sekarang hanya sekali, bahkan ngga ngompol sama sekali karena kalau mau pipis bangun dan mau diajak ke kamart mandi ini keadaan seminggu ini ya jeung tahu nih ke depannya, moga aja ngga ngompol juga…:)

  21. yusys said: itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

    selamat de Icha..wahh bentar lagi dah siap punya adik bayi nih…~_*

  22. yusys said: itu pipi-nya Icha montok banged….hasil dari ngedot yaaaaaaaa….ihhh….pengen nyubit…..Icha udah tambah pinter yaaaaa…

    wah kak icha dah lulus dari ngedot ya!!! Rayya belajar tipsnya ah ntar.. skrg masih botol plus ASI🙂

  23. rayyaathira said: wah kak icha dah lulus dari ngedot ya!!! Rayya belajar tipsnya ah ntar.. skrg masih botol plus ASI🙂

    wahhh, insya Allah kepake niy tipsnya, Rifqi masih kekeuh ama dot aja ,
    belum bisa lepas, cuma frekwensi udah 3x/hari dari 6x/hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s