Sudah fasih mengucapkan “F” dan “V”

Pengucapan dua huruf F dan V ini hampir tidak ada bedanya.Kalau kita belum tahu kata yang dimaksud atau yang lebih sering nama seseorang pasti nanya nih pakai F atau V saat mau mengeja? Di usia balita huruf F, V dan R nih yang masih belum terdengar jelas.F dan V jadi P, R jadi L.Tapi seiring perkembangan usianya ketiga huruf ini akan jelas diucapkannya.

Kurang lebih sebulan ini Bunda amatin Icha sudah fasih melafalkan huruf F di setiap kata yang ada huruf F dan V nya.Paling jelas terdengar saat Icha nyanyi lagu I Love You-nya Barney.

I love you

You love me

We are happy family … ect..

Kalau dulu lagu itu dinyanyikan Icha masih dengan Ai lop u – Yu lop mi – Wi ya hepi pameli…. Sekarang dah jelas dengan pengucapan huruf F dan V-nya.

Senang mendengarkan Icha melafalkan F dan V ini Bunda suka godain atau tanya-tanya yang ada huruf F atau V nya..

Minggu lalu kita dari Dufan (ada huruf F nya nih) Bunda masih sering tanya ke Icha tentang Dufan.

“Kemaren kita jalan-jalan kemana Dhe yang ada pak badutnya?”

“Dufan!”

Besoknya tanya lagi.

“Istana boneka ada dimana?”

“Dufan!”

He..he..tanya terus hanya pingin denger Icha bicara dengan jelas huruf F nya.

“Ini namanya apa dhe?” Sambil nunjuk TV.

“Ti Vi!”

Untuk huruf R, kadang jelas kadang ngga.Kata yang ada huruf R ditengah kadang diucapkan dengan jelas.Tapi kalau kata R-nya di belakang masih diucapkan dengan

gaya

bahasa balitanya jadi – L – !


29 thoughts on “Sudah fasih mengucapkan “F” dan “V”

  1. atiraz said: wah…..olga ceriwis kalah tuch…..ia kan ga bisa ucap huruf "v"….he…he…he..

    kalah deh Budhe..abis gimana ya cha, urang sunda mah mau p, f, v, bunyinya sama aja…yang bedaain cuman bilang p apa, panta atau peyem atau pespa ha ha ha ha

  2. yusys said: waaaaaaaaaa….Icha emang TOB……tante mo belajar neh ama Icha…hehehe…boleh gak sayang….

    duh malu lagi deh tante, Icha aja deh yang mau belajar masak ama tante Yussy…:)

  3. diyas said: kalah deh Budhe..abis gimana ya cha, urang sunda mah mau p, f, v, bunyinya sama aja…yang bedaain cuman bilang p apa, panta atau peyem atau pespa ha ha ha ha

    ngga papa budhe udah dari sononya..coba budhe sekarang bilang d-u-f-a-n..dufan! gitu Budhe..hi.hi..*ngerjain budhenya nih*..

  4. wietjevanbawor said: icha pinternyah.. udah bisa bedain Ep Panta ama Pe Pespa…:)

    Dear Ibu Bunda Icha,

    Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.
    Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.
    Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.
    Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….
    Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.
    misalnya Pilot menjadi Pirot.
    Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"
    Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

  5. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    iya pak maman bener, saya tahunya mah urang sunda aja yang emang agak susah mengucapkan huruf F dan V ini, orang Tionghoa juga tahu tapi belum pernah berinteraksi dengan orang Jepang nih, makasih sharenya ya Pak…

  6. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    ade icha tambah pintar aja nihhhhhhhh,

  7. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    hehehehe… bener lucu loh soal lafaz huruf ini. Ini juga yang nyebabin anak saya ganti nama. awalnya si Icha dulu dipanggilnya Likha. Tapi sensei/gurunya susah banget untuk nyebutin Likha, nyebutnya selalu Rika…. nah loh anak gw koq ganti nama yah… ya udah akhirnya gw bilang aja namanya Icha, baru deh senseinya pas manggilnya icha, gak pake salah, hehehe………

    btw… Icha makin pinter aja nih! ajarin Icha yang disini dong!

  8. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    waaahh.. tante Lie aja masih suka kepeleset2 Cha ngomong V en F nya.. bravo Cha..

  9. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    wow…Icha dah fasih ngucapin F dan V…ya…hebat…subhanallah.
    saya masih belum fasih…sering kebalik…:)

  10. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    adik icha pintar….🙂

  11. mawwid said: Dear Ibu Bunda Icha,Kalau membicarakan huruf F,V ,R dan L.Sebetulnya ada beberapa orang dari "etnis" tertentu yang agak susah mengucapkan huruf huruf tersebut.Misalnya beberapa orang dari etnis Sunda (Jawa Barat) mengucapkan huruf F dan V dengan P,misalnya Vespa (merk motor jaman dulu) jadi Pespa.Beberapa orang dari Etnis Tionghoa (Cina) mengucapkan huruf R dengan L ,misalnya Ramai jadi Lamai,sebaliknya……………………………………….Beberapa orang dari Etnis Jepang dan Korea mengucapkan huruf L dengan R.misalnya Pilot menjadi Pirot.Seorang Pilot yang baru ke Jepang pernah "surprise" ketika bertemu orang Jepang yang sedang belajar bahasa Inggris karena si Jepang itu bertanya :"Are you Pirot ?" dan ditafsirkan oleh Pilot tersebut sebagai :"Are you Pirate ?"Setelah saya menjelaskan maksud pertanyaan orang Jepang tersebut barulah ia menjawab :"Yes I am Pilot."dan si Jepang itu membalas :"You are the good Pirot,as the airprane landing very smooth".

    yah, bunda. jadi tanya dufan mulu. tanya yang lain donk bun. ntar malah icha bilang gini : "mama nggak kreati’p’…" he, he, he…

  12. evidakartini said: hehehehe… bener lucu loh soal lafaz huruf ini. Ini juga yang nyebabin anak saya ganti nama. awalnya si Icha dulu dipanggilnya Likha. Tapi sensei/gurunya susah banget untuk nyebutin Likha, nyebutnya selalu Rika…. nah loh anak gw koq ganti nama yah… ya udah akhirnya gw bilang aja namanya Icha, baru deh senseinya pas manggilnya icha, gak pake salah, hehehe………btw… Icha makin pinter aja nih! ajarin Icha yang disini dong!

    o gt ceritanya jadi dipanggil Icha..:)
    wah icha mau banget tante ke Jepun..jemput di Nagasaki ya tante…loh..:D

  13. daffynabe said: adik icha pintar….🙂

    Jadi ingat zaman duluuu ada acara bahasa di TVRI sama Bu Riris Sarumpaet, di satu episode diajarin caranya membedakan pengucapan F dan V pakai selembar kertas yang ditaruh di depan bibir. Tapi sekarang udah lupa hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s