Budhe-ku Berpulang

Innalillahi wa innailaihi roji’un.Budhe Murtini, kakak Ibu no.3 di usianya yang ke 60 meninggal dengan tenang tadi malam jam 23:30. Kabar duka Bunda terima lewat telepon Bapak dari Boyolali jam 03:30. Terkirim do’a buat Budhe, semoga almarhumah diterima di sisi-NYA, diampuni segala dosanya, diterima semua amal kebaikannya.Amin.

Budhe yang sudah 27 tahun ditinggal Pakdhe tinggal sendiri di rumahnya.Tiga anaknya bekerja di Surabaya dan Jakarta.Waktu masih sehat, Ibu sempat mengajak Budhe untuk tinggal bersama Ibu.Tapi Budhe tidak mau, beliau lebih memilih tinggal di rumahnya sendiri.Hingga akhirnya serangan stroke yang kedua membuat Budhe tidak berdaya, tidak bisa jalan dan bicara dengan jelas.Mau tak mau Budhe dibawa Ibu pulang ke rumah setelah beberapa hari sempat dirawat di rumah sakit.

Terakhir Bunda ketemu Budhe saat lebaran.Di foto itu Bunda ambil begitu Bunda datang , langsung jenguk Budhe, terlihat jelas kegembiraannya melihat kedatangan Bunda ditambah melihat Icha yang sudah besar.Saat itu Budhe terlihat “sehat”, sudah banyak perkembangannya kata Ibu.Sudah bisa makan sendiri, sudah bisa pakai pispot untuk BAK dan BAB sendiri.

Sosok Budhe begitu lekat di hati.Rasa sayangnya pada kami sama dengan beliau menyayangi anak-anaknya.Kalau kami datang ke rumahnya, apa aja yang beliau punya disajikan pada kami.Bahkan ayam, yang dicandaan beliau dibilang sebagai “temannya” rela disembelih dibuat gulai ayam untuk santapan kami.Saat Della (putri mas Dedi, kakak Bunda yang pertama, Farrel (putra mbak Upik kakak Bunda kedua), dan Icha beliau menyisihkan uang untuk membeli kado.Kado buat Farrel dan Icha dipaketkan beliau ke Jakarta.

Budhe, pasti kami akan kangen dengan keramahanmu, kerianganmu, masakan gulai ayammu, dan pelukan sayangmu.Selamat jalan Budhe…

29 thoughts on “Budhe-ku Berpulang

  1. Lila dan keluarga Turut berbela sungkawa….semoga semua amal kebaikannya diterima dan diampuni semua dosanya, dan semoga seluruh keluarga tabah menghadapinya.Amien….

  2. Assalamualaikum Wr Wb
    Turut berdukacita atas wafatnya Budhe dari Ibu Bunda Icha.
    Semoga arwah almarhumah mendapat tempat yang layak disisiNya dan yang ditinggalkan tabah menghadapi musibah ini.
    Wassalamualaikum Wr Wb

  3. Innalillahi wainnailaihi roji’un…
    kami sekeluarga menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya
    semoga beliau diterima disisi Allah SWT
    dan keluarga yang ditinggalakan diberikan kekuatan iman, ketabahan dan kesabaran, amien yaa robbal’alamien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s