:D

Kasian deh lo ngga ada temennya!Duh anak Bunda ini ikut-ikutan siapa bisa ngomong begini.Udah dua kali Bunda perhatikan Icha ngomong begitu dan kebetulan pula situasi saat dia ngomong begitu hampir sama kondisinya.

Pertama.Waktu itu Ayah lagi ada acara di Bandung selama 3 hari.Kalau malam biasanya kita kumpul entah nonton TV atau bercanda-canda bertiga, Icha, Ayah & Bunda.Mungkin kurang ramai kali ya malam itu hanya Bunda dan Icha.Entah darimana asalnya tiba-tiba Icha dengan gayanya yang lucu, jari ditempel di pipi trus ngeliat Bunda…

“Kasian deh lo ngga ada temennya.”

Kedua.Selasa kemaren Bunda di rumah, tidak masuk kantor.Jam 17:30 bersama Icha duduk-duduk di depan rumah sembari Bunda bilang ke Icha kalau kita duduk di sini nunggu Ayah pulang.Ichanya keluar masuk rumah, ngajak Bunda masuk juga, tapi Bunda bilang ntar aja khan kita nunggu Ayah pulang.Setelah Bunda baca sms Ayah yang sudah dikirim dari tadi , Bunda baru tahu kalau ternyata Ayah pulang agak telat, jam 19:00 baru sampai rumah karena ada urusan.Karena udah magrib juga akhirnya kita masuk ke dalam rumah.Bunda duduk Icha utak atik CD Barneynya.Tiba-tiba Icha nyeletuk lagi dengan gaya khasnya…

“Kasihan deh lo ngga ada temennya.”

Wah, ngeledek Bunda ya Dhe.Dalam hati Bunda ketawa geli tapi ngga ditunjukin ke Icha dan ngga respon juga karena sebenarnya Bunda tidak memperkenankan Icha ngomong begitu.Walaupun sejatinya Icha sendiri mungkin belum tahu makna kata-kata itu, hanya meniru, entah meniru darimana ini, Bunda ngga tahu.Bunda pinginnya Icha meniru yang baik-baik aja, tapi khan ngga mungkin ya karena sumber-sumber peniruan dari berbagai hal, lingkungan sekitar, temen sebaya, TV dll.Dan jika yang ditirukan hal-hal yang kurang baik (perkataan atau tindakan) lebih karena Icha sekadar menirukan saja. Menurut teori yang pernah Bunda baca di sini anak batita belum memiliki kemampuan membedakan kata yang dianggap baik dan buruk karena ia pun belum paham kalau apa yang diucapkannya adalah sesuatu yang kurang baik.Tanggung jawab kita nih sebagai orang tua untuk bisa mengarahkan anak ke arah yang lebih baik.Ya Allah semoga setiap langkah kecilnya selalu di jalan-Mu dan selalu dalam lindunngan-Mu.Amin.


21 thoughts on “:D

  1. Kalo seumuran Icha memang dia belum ngerti apa yg dibilangnya, cuma tiru2 aja……kalo anak2ku biasanya aku tanya apa arti omongannya itu trus kalo dia bilang "gak ngerti" baru dibilangin bahwa kalo yg dibilangnya barusan gak baik apalagi nggak ngerti artinya. Gak ngerti ya nggak udah dibilang, kalo artinya jelek malah bikin orang marah, biasanya anak2 akan ngerti deh mbak Arie…..

  2. Iya Bun, suse juga ya karena TV sekarang banyak tayangan ga edukatif trus teman sekolah juga, dulu waktu aku mengajar di TK, muridku pernah tak tegur karena kata-katanya kasar banget, ternyata dia dapet kata-kata itu dari temannya bermaninya dirumah.

  3. ternyata ga cuman dari pengaruh tipi aja ya, bisa juga dari pengaruh lingkungan atau teman sepermainan. tapi pastinya icha ga paham apa yang diomongin ya mba secara memang masih balita🙂

  4. emakkeiko said: Kalo seumuran Icha memang dia belum ngerti apa yg dibilangnya, cuma tiru2 aja……kalo anak2ku biasanya aku tanya apa arti omongannya itu trus kalo dia bilang "gak ngerti" baru dibilangin bahwa kalo yg dibilangnya barusan gak baik apalagi nggak ngerti artinya. Gak ngerti ya nggak udah dibilang, kalo artinya jelek malah bikin orang marah, biasanya anak2 akan ngerti deh mbak Arie…..

    iya Uni anak2 apalagi seumuran Icha belum bisa nyaring mana yang baik dan mana yang ngga, kitanya yang mesti waspada dengan lingkungan sekitar..:)

  5. pephy said: Iya Bun, suse juga ya karena TV sekarang banyak tayangan ga edukatif trus teman sekolah juga, dulu waktu aku mengajar di TK, muridku pernah tak tegur karena kata-katanya kasar banget, ternyata dia dapet kata-kata itu dari temannya bermaninya dirumah.

    iya mbak Pephy ngga TV ngga temen pengaruhnya gede, semoga yang baik2 aja ya yang ditiru..

  6. mutiarasemu said: ternyata ga cuman dari pengaruh tipi aja ya, bisa juga dari pengaruh lingkungan atau teman sepermainan. tapi pastinya icha ga paham apa yang diomongin ya mba secara memang masih balita🙂

    iya mbak Maya, bimbingan kita dalam hal2 ini penting banget..:)

  7. niwanda said: Iya sih mungkin kedengeran lucu, tapi ke depannya kalau jadi kebiasaan nggak bagus juga ya…

    celoteh anak2 itu bikin gemez semua mbak leila tapi kalau dah ke kata2 yang kurang baik ya mesti pinter2 nahan untuk ngga merespon positif..:)

  8. niwanda said: Iya sih mungkin kedengeran lucu, tapi ke depannya kalau jadi kebiasaan nggak bagus juga ya…

    celoteh anak2 itu bikin gemez semua mbak leila tapi kalau dah ke kata2 yang kurang baik ya mesti pinter2 nahan untuk ngga merespon positif..:)

  9. niwanda said: Iya sih mungkin kedengeran lucu, tapi ke depannya kalau jadi kebiasaan nggak bagus juga ya…

    iya mbak Eva, pasti mbak Eva udah banyak nih pengalamannya ama anak2..share ya mbak gimana cara menangkal kalau anak2 meniru hal-hal yang kurang sesuai ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s