Maem

Alhamdulillah dari dulu sampai sekarang Icha maemnya gampang.Malah cenderung susah ngeremnya nich.. Kalau ada yang makan entah Ayah atau Bunda sukanya mendekat, lihat-lihat trus nyomot apa yang Icha mau.Paling seneng nyomot kerupuk & tempe.Tapi kalau kelihatan ada cabe Icha ngga mau nyomot, pedes, ngga suka kata Icha.Kadang emang sengaja kita kasih cabe rawit buat hiasan, supaya Icha ngga nyomot-nyomot, udah kenyang soalnya.


Makanan kesukaannya, mie goreng! Mie goreng buat Icha selalu Bunda bikin sendiri, ngga pernah pakai yang instant.Kalau udah makan mie, dijamin nambah, nambah dan nambah.Ayah dan Bunda makan pasti direcokin.Pernah Ayah makan mie goreng yang agak pedes.Waktu Icha minta udah dibilangin kalau mienya pedes.Tapi tetep minta, akhirnya dikasih juga.Eh, doyan lho.Walaupun makannya sambil huah..huah… kepedesan dan minum terus tapi makan mie goreng itu tetep lanjut.Wah Cha, ngga ngaruh ya mau pedes juga, yang penting mie goreng!Kadang kalau kita makan mie goreng suka sembunyi-sembunyi biar ngga ketahuan Icha.Bukannya pelit ya, tapi kasihan Icha kalau udah kenyang tetep makan, ntar ujung-ujungnya malah muntah.

Tentang mie goreng juga, mbaknya pernah cerita.Waktu di sekolah ada temennya yang bawa bekal mie goreng.Hmm pasti Icha ngiler nih lihat temennya bawa mie goreng! Kata mbaknya Icha sih ngga minta, cuman ngeliatin terus ke arah mie goreng.Ibunya temennya tadi rupanya tanggap dengan apa yang terjadi.Oleh Ibunya temennya tadi Icha ditawarin mie goreng.Pasti mau donk, itu pasti.Oleh mbaknya temennya gantian dikasih bekalnya Icha, roti tawar plus misis.Barter ceritanya.

Sekarang kalau makan maunya makan sendiri, duduk di meja makan.Jarang mau disuapin.Walaupun masih agal berceceran nasinya tapi ngga papa.Latihan mandiri ya, Nak!Pernah suatu kali, saat itu makan pagi, seperti biasa mau makan sendiri.Bunda sediain nasi, lauk, sayur dipiring yang berbeda (soalnya kalau dicampur malah ngga mau makan, cuman diaduk-aduk aja) dan air putih.Sambil di dapur sesekali Bunda lihat maemnya.Lauknya sudah ditaruh di tempat nasi, dan Icha mulai makan.Wah, dah bener nih batin Bunda.Bunda ingetin untuk maem sayurnya juga.Beberapa saat Bunda ngga nengokin di meja makan.Begitu Bunda tengok lagi, ternyata air putihnya sudah dicampur di nasi dan lauknya!Huaaaa…

“Lho kok air putihnya dituang di situ Dhe?”

“Biar ada kuahnya, Ma!”

“Kuahnya pakai kuah sayur itu Dhe, dituang di piring nasi.”

“Ngga mau, air putih aja!” Lho piye tho iki?Jadi waktu itu makannya nasi, lauk plus kuah air putih.Wis, ngga papa ya Cha, special menu!

20 thoughts on “Maem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s