Dua Bahasa

Ini tentang dua bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Indonesia.Bahasa Jawa kadang Bunda pakai campur dengan bahasa Indonesia saat komunikasi dengan mbaknya.Dengan Ayah hampir ngga pernah pakai bahasa Jawa, karena walaupun keturunan Jawa tapi Ayah ngga fasih bahasa Jawa (lahir dan gede di Jakarta).Kalau komunikasi dengan Icha Bunda pakai bahasa Indonesia.Tapi mbaknya sering kali masih campur-campur juga dengan bahasa Jawa saat komunikasi dengan Icha.Beberapa hari ini Bunda denger Icha ngomongnya ada campur-campur bahasa Jawa dan Indonesia.Mungkin pernah denger Bunda bicara ama mbaknya dengan bahasa Jawa ataupun mungkin juga mbaknya yang ngajak bicara dengan bahasa Jawa.Jadi Icha kebawa juga bicara dengan dua bahasa.



Kemaren sore hujan deres banget dan petirnya juga menggelegar.Bunda minta tolong mbaknya untuk nutup pintu.Setelah pintu tertutup ada komentar dari Icha..

“Mbak, pintunya buka’en aja!” bukaen (bahasa Jawa) = dibuka

Terus denger petir yang menggelegar lari nyamperin Bunda sambil bilang…

“Iiihhh takut ada bledeg!” bledeg (bahasa Jawa) = petir

Otomatis Bunda langsung mengoreksi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar..he..he..


Waktu mudik lebaran ke Boyolali kemaren, Pakdhe nya suka iseng godain Icha nanya pakai bahasa Jawa.Tapi Icha juga bisa jawab lho.

“Jenengmu sopo?”

“Icha.”

“Omahmu ngendi, Cha?”

“Pondok Gede.”

He..he..jangan salah Pakdhe Icha juga bisa bahasa Jawa.

31 thoughts on “Dua Bahasa

  1. Icha pernah denger jeng Tri ngomong karo aku ra? hihi.. boso jowo campur indonesia campur boso planet.. wes e wes.. was wis wus wes wos fhjldjfrereoiopxcvcklnskw.. ;p

  2. hihi.. ga papa kan bunda, kalo icha bisa bahasa jawa.. asal tau juga bahasa indonesianya.. Net juga kalo mau minta sesuatu bilangnya "uwuun..uwuun.." sambil tangannya numpuk tangan satunya.. artinya nyuwun..hihi…

  3. indah77 said: Icha pernah denger jeng Tri ngomong karo aku ra? hihi.. boso jowo campur indonesia campur boso planet.. wes e wes.. was wis wus wes wos fhjldjfrereoiopxcvcklnskw.. ;p

    ha..ha…yes ketes..ketes..jangan denger bahasa planet kita jeng ntar jadi 3 bahasa ha..ha…

  4. pinoku said: hihi.. ga papa kan bunda, kalo icha bisa bahasa jawa.. asal tau juga bahasa indonesianya.. Net juga kalo mau minta sesuatu bilangnya "uwuun..uwuun.." sambil tangannya numpuk tangan satunya.. artinya nyuwun..hihi…

    ngga papa kok Ibun malah jadi nambah pengetahuan bahasanya..cuman kalau campur-campur khan ngga enak ditelinga, jadi secara otomatis suka langsung koreksi, kalau semua pakai bahasa jawa malah ngga papa..he..he..
    wah natane bisa juga tho bahasa Jawa..:)

  5. pinoku said: hihi.. ga papa kan bunda, kalo icha bisa bahasa jawa.. asal tau juga bahasa indonesianya.. Net juga kalo mau minta sesuatu bilangnya "uwuun..uwuun.." sambil tangannya numpuk tangan satunya.. artinya nyuwun..hihi…

    Icha. kan juga wong jowo Bun…… jadi harus belajar bahasanya juga… gitu………:)

  6. pinoku said: hihi.. ga papa kan bunda, kalo icha bisa bahasa jawa.. asal tau juga bahasa indonesianya.. Net juga kalo mau minta sesuatu bilangnya "uwuun..uwuun.." sambil tangannya numpuk tangan satunya.. artinya nyuwun..hihi…

    huehehehe…ngebayangin lucunya icha
    vari aja mbak, yg tinggal di jogja bhs jawanya masih sedikit kosakatanya
    maklum indo..indo jawa-lampung😀

  7. pinoku said: hihi.. ga papa kan bunda, kalo icha bisa bahasa jawa.. asal tau juga bahasa indonesianya.. Net juga kalo mau minta sesuatu bilangnya "uwuun..uwuun.." sambil tangannya numpuk tangan satunya.. artinya nyuwun..hihi…

    he.he..he.he.e…lucu si icha..

  8. ardhanamesvari said: huehehehe…ngebayangin lucunya ichavari aja mbak, yg tinggal di jogja bhs jawanya masih sedikit kosakatanyamaklum indo..indo jawa-lampung😀

    kalau indo malah anak kaya kosa kata ya mbak Wit, ngga hanya bhs Ind tapi Jawa juga oks..nggih leres tho Vari?he..he..

  9. elsyesjournal said: he.he..he.he.e…lucu si icha..

    He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..
    Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….
    Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

  10. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    bener Uni, jadi kapan pulang ke Yogya nich?

  11. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    Asal nggak keterusan campur aja, malah jadi kocak dengernya kalau Icha ngomongnya disisipin kata-kata bahasa Jawa gitu🙂.

  12. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    he..he..makanya bunda langsung koreksi mbak Leila, biar ngga campur aduk dalam satu kalimat…

  13. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    icha nanti juga mau diajarin bahasa krama halus ga mba?🙂

  14. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    wah diajarin ngga ya, oh boleh juga ya, kalau ama mbah boyolali biar bisa kromo alus..:)

  15. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    waduh… walah juga wis kulino pake bahasa campuran lho… :))))

  16. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    wah aisya sama danish udah lupa bhs jawa he2…..
    emang kalo anak2 belajar byk bhs jadi campur2…

  17. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    tp enak juga kok klau didenger2 pakai bahasa jawa..hehhehhe

  18. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    whahahahaha, icha lucu sekali
    jadi inget pengalaman sita dulu
    kelas 2 SD ikut Bapak pindah dari Yogya ke Manado
    nah berhubung sebelumnya komunikasi mayoritas basa jawa
    maka jadilah logat jawaku kentel banget
    temen temenku suka ketawa
    akhirnya supaya adaptasi lebih mudah
    bapak ambil keputusan
    kalau bicara sama beliau daku harus pake basa indonesia
    tapi kalo bicara sama ibu boleh pake basa jawa
    hasilnya manjur bok, namanya juga anak kecil, adaptasinya mudah
    gak sampai 6 bulan logatku dah logat orang Indonesia, whahahaha
    tapi kena batunya bertahun tahun kemudian, pas kuliah
    jarang yang percaya kalau aku orang jawa
    gara gara gak ono medhoke, hiks

  19. emakkeiko said: He…he….anak2 udah lupa sama bhs jawa…..Kemaren2 diingatin cuma siji, loro, telu….sampe 10 aja…….Tapi pasti kalo balik ka Jogja langsung cas-cis-cus deh…….anak2 kan gampangan…

    pintar icha yach,tapi gimana nggak bisa say,wong mamahnya orang jowo kok.D

  20. hafidztio said: wah aisya sama danish udah lupa bhs jawa he2…..emang kalo anak2 belajar byk bhs jadi campur2…

    wah kelamaan di belgia ya pak…:) sekarang danish ama aisya selain bhs ind pakai bahasa apa komunikasinya kalau di rumah?

  21. evibangkok said: tp enak juga kok klau didenger2 pakai bahasa jawa..hehhehhe

    iya mbak elsey dah bahasa yang dipakai sehari2 dari kecil, kalau ketemu temen (Jawa) di Jakarta) kita langsung pakai bhs Jawa, trus temen sekitar yang ngga ngerti artinya selalu kome..woooiiii rooming..:)))

  22. laxita said: whahahahaha, icha lucu sekalijadi inget pengalaman sita dulukelas 2 SD ikut Bapak pindah dari Yogya ke Manadonah berhubung sebelumnya komunikasi mayoritas basa jawamaka jadilah logat jawaku kentel bangettemen temenku suka ketawaakhirnya supaya adaptasi lebih mudahbapak ambil keputusankalau bicara sama beliau daku harus pake basa indonesiatapi kalo bicara sama ibu boleh pake basa jawahasilnya manjur bok, namanya juga anak kecil, adaptasinya mudahgak sampai 6 bulan logatku dah logat orang Indonesia, whahahahatapi kena batunya bertahun tahun kemudian, pas kuliahjarang yang percaya kalau aku orang jawagara gara gak ono medhoke, hiks

    wah pengalaman seru ya mbak..sekarang bisa bahasa manado juga donk..:)
    kayak kakak ipar sejak kuliah sampai sekarang kerja di manado, logat Jawanya dah ilang malah ganti logat manado..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s