Ritual Tidur

Bunda yakin setiap anak pasti punya ritual sebelum tidur.Banyak cerita baik tetangga, teman, saudara, ponakan, sepupu, maupun cerita Bunda waktu kecil dulu punya ritual sebelum tidur!

Begitu juga dengan Icha.Ritual sebelum tidur yang Bunda maksud adalah kebiasan Icha menjelang tidurnya, dari yang sayup-sayup 5 watt sampai bener-bener tertidur lelap.Kalau Bunda amatin ritual tidur Icha dari umur sebelum setahun sampai sekarang 2,5 tahun beda lho!

Waktu umur dibawah setahun kebiasaannya sebelum tidur, setelah minum susu adalah helet-helet kain yang dipakai bedong Icha waktu bayi.Memang kain bedong ini waktu masih bayi ngga pernah ketinggalan Bunda sertakan buat Icha dimana saja.Di kereta dorong buat alas tiduran, di box tempat tidurnya, di tempat tidur buat alas kalau ompol, di atas bantal yang dipakai tidur dll.Dari umur 4 bulan sampai 2 tahun kalau tidur Icha ngga pernah pakai bantal, walaupun Bunda sediain juga bantal dan guling di sekitar tempat tidurnya tapi ngga pernah mau disentuh.Temen tidurnya berguling-guling hanya kain bedong yang jadi temen helet-helet setianya!Kalau udah helet-helet kayaknya nikmat banget, sampai bener-bener tidur pulas kadang masih dalam posisi helet-helet.Halah!


Di umur 2 tahunan kebiasaan helet-heletnya hilang sama sekali.Bunda ngga tahu persis sejak kapan ngga helet-helet.Tapi muncul kebiasaan barunya!Sekarang tidurnya pakai bantal dan guling, tetep dengan kain bedong ditaruh di atas bantal dan di punggung sebagai alas.Kalau udah liyer-liyer, tangannya kethual-kethuil, ulik-ulik kain bedong yang agak berserabut kainnya dan serabutan kainnya itu dicabutin satu-satu.Bila kain bedong yang ditaruh diatasnya tidak ada serabut kainnya, Icha akan protes, minta ganti yang bisa dicabutin serabut kainnya.Belum cukup kain bedong yang ditaruh diatas bantal dan punggungnya, masih minta satu lagi untuk ganjel punggung kalau posisi tidurnya miring!Weleh-weleh Icha ada-ada saja kebiasaan sebelum tidurnya.

Ngomong-ngomong posisi tidur, Icha juga punya posisi favorit.Umur 3 mingguan posisi tidur favorit Icha miring!Ngga bisa tidur dengan nyaman kalau posisinya terlentang (kecuali di bedong), jadi suka Bunda miringin dan tidurnya lelap.Semenjak bisa tengkurap posisi favoritnya jadi tidur tengkurap.Wah, kalau ini Ayahnya banget, sukanya tidur tengkurap.Lama kelamaan posisi tidur tidak ada yang difavoritkan lagi, tapi semua posisi disukai.Yang jelas satu tempat tidur akan dipakai sendiri untuk mencoba berbagai posisi tidurnya yang akan dipilih untuk posisi tidurnya yang enak saat itu.Saat tidur masih rapi diposisi awal, tapi kalau udah tengah malam dan Bunda juga lelap, tahu-tahu Icha udah ada di bawah dengan posisi sesukanya, kaki diatas perut Bunda, kepalanya bersandar di paha Bunda, tangan di leher Bunda, wah pokoknya suka-suka Icha deh.Wis ngga papa, yang penting nyaman bobonya ya Nak!

foto 1 : Icha umur 2 minggu, bobonya sudah bergaya..*bundayangjadipengaturgayanya*

foto 2 : Icha sekarang 2 tahun 6 bulan, minum susu tangannya kethual-kethuil di kain

foto 3 : Icha umur 3 minggu, miring posisi favorit saat bobo

16 thoughts on “Ritual Tidur

  1. ketawa baca nya mba, bahasanya itu loh, helet-helet, liyer-liyer, kethual-kethuil, ulik-ulik, weleh-weleh..
    Seakrang bobomya gimana mba… udah punya kamar sendiri blom…
    di update mba beritanya… ;))

  2. mbak Uri : ini bundanya yang usil mbak Uri, mau di foto jadi posisinya diatur2 he..he..
    mbak Leila : he..he seneng aja lihat pekembangan Icha mbak, siap tante Bunda ntar dicium ngga dikasih kaki lagih..
    jeng Dhira : iya neng ini salah satu foto fav saya..
    mbak Yeni : he-eh mbak, waktu kecil mungil gedenya endut banget..
    mbak elsye : bakat dari bunda mbak😀
    Mbak Eva : he.he..soalnya susah mbak Eva nyari bahasa yang tepat..kamarnya masih jadi satu sama kami, belum tega nglepas sendiri he..he..
    Ibun : duh bayangin natane bobo nungging..he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s