Diary Icha Agustus 2007

Diary, pinjam istilah yang dipakai Ibu Guru di buku komunikasi sekolah dengan orang tua.Kegiatan-kegiatan yang diajarkan dan dilakukan anak-anak di sekolah disusun Ibu Guru jadi diary.Kegiatan di bulan Agustus dengan tema utama AKU dan PANCA INDERA plus catatan Bunda antara lain :

  • Diberikan pelajaran agar mengerti siapa dirinya, nama Ayah dan Ibunya, dia anak laki-laki atau perempuan.

Kalau ditanya namanya Icha akan jawab singkat “Icha”.Tentang nama lengkap Icha suka bilang Ananda Icha…

Nama Ayah suka dipanggil Icha “Ayah Wid”.Kalau Bunda suka Icha sebut “Bunda Arie”.

Nah, untuk menyebut laki-laki dan perempuan Icha bilangnya cewek dan cowok.Icha tahu kalau dirinya cewek.Setiap kali ditanya Icha mau adik cewek apa cowok, jawabnya selalu cowok kayak Farrel (sepupunya).


  • Diperkenalkan dengan macam-macam rasa (manis,asam,asin, pahit, pedas).

Perkanalan macam-macam rasa ini Bunda kenalkan langsung di dapur mana yang asin pedas, dan manis. Yang paling Icha tahu rasa dan contohnya adalah manis (gula), asin (garam), pedas (cabe). Gula dan garam Bunda suruh Icha nyicipin.Waktu itu pernah minum obat yang rasanya memang agak pahit, eh Icha bilang

“Ma, ini apa ini, kok asin?” He..he..kalau obat ya ngga asin tho sayang rasanya, tapi pahit.


  • Diperkenalkan dengan kata-kata sopan, memberi salam, tolong, terimakasih, sopan santun kepada teman, guru dan orang tua.

Assalamu’alaikum sering diucapkan Icha saat masuk/keluar rumah ataupun telepon, tapi belum lengkap baru “Mlekum”.Tolong dan terimakasih dua rangkaian kata awal dan akhir yang sering diucapkan Icha bila minta sesuatu.Kalau Bunda atau Ayah yang minta tolong Icha kita juga pakai rangkaian dua kata itu, setelah kita bilang terimakasih Icha akan bilang “sama-sama”


  • Diperkenalkan dengan suara lembut, kasar dan penglihatan gelap, terang.

Bunda suka bercanda dengan Icha untuk bisik-bisik di telinga.

”Dhe, sini Bunda bisikin.Trus Icha mendekatkan telinganya di bibir Bunda..Bunda sayang Icha.” Icha akan balas berbisik..Icha sayang Bunda..”

Gelap dan terang Icha sudah bisa bedakan dari lampu yang dihidupkan atau dimatikan dan siang atau malam.


  • Mengenal bentuk (besar, kecil) dengan mewarnai dan menempel.

Bentuk mana yang besar mana yang kecil Icha sudah paham.Untuk mewarnai masih suka-suka Icha, belum pas di gambar yang ada.

  • Belajar mengenal warna (hijau, kuning, biru, hitam, putih dll).

Lagu favoritnya Icha balonku ada lima, disitu juga Icha belajar tentang warna.Warna yang sudah dikenal dan bisa membedakan adalah warna hijau, kuning, biru, pink, & coklat.Warna favorit Icha warna biru, karena kalau ditanya warna yang Icha belum tahu Icha selalu bilang biru..he..he..


  • Mengenalkan guna indera mereka (tangan&kaki, mata, telinga, hidung, mulut dan anggota tubuh yang lain).

Sampai saat ini Icha sudah bisa menyebutkan anggota badannya dari ujung rambut sampai ujung kaki, menyebutkan jumlahnya, misalnya mata, telinga, kaki&tangan ada dua, hidung&mulut satu dsb serta fungsinya.Bunda mengajarkan panca indera dan anggota tubuh ini lebih banyak dengan nyanyian, hati riang sambil bernyanyi dan belajar.Begitu juga dengan jari,dengan lagu…

“ini jempol,ini jempol,apa khabar,apa khabar, baik-baik saja, baik-baik saja..la..la..la..” Icha cepat sekali hafalnya dan berseri-seri kalau nyanyi lagu ini.

  • Bermain balok, Olah Raga, melompat, berdiri.

Bunda beliin balok-balok untuk bikin macam-macam bentuk, paling favorit Icha bikin rumah-rumahan.Tahu mana kotak, segitiga, bulat dll.

Tiap pagi, Icha jalan-jalan ama Ayah Bunda, sekitar komplek kalau weekend kadang keluar komplek.Lucunya kadang jalan cepat atau lari sambil bilang olah raga!! olah raga!!

Icha juga sukanya akrobat.Dengan kaki diangkat satu atau posisi mau kopral.Ada-ada aja tingakahnya!


  • Berdo’a sebelum melakukan aktifitas

Do’a Icha diawali dengan Bismillahirrohmanirrohim dan diakhiri dengan amin.Tapi kalau Bunda ajarin Al-Fatihah Icha bisa menirukan walaupun dengan terbata-bata.

Kalau Ayah atau Bunda sholat suka ikut menggelar sajadah di samping kita.Gerakan-gerakan sholatnya pun dari awal sampai akhir sudah benar.Alhamdulilah…

Sehabis bersin Icha mengucapkan “ambillah” yang maksudnya alhamdulillah, kalau dieja satu-satu sih udah bisa tapi kalau dirangkai yang terucap hanya ambillah..Pelan-pelan ya Dhe belajarnya, semoga cepet lancer ucapkan alhamdulillah.


  • Menjaga kebersihan diri (kuku, gigi, rambut) dan cara makan yang baik (tidak tumpah dan bersih)

Kuku Bunda gunting seminggu sekali kalau pas tidur, kalau ngga tidur ngga mau digunting kukunya.Sikat gigi habis makan dan sebelum tidur rutin dan jadi hal yang menyenangkan buat Icha.Ngantuk-ngantuk sekalipun kalau Bunda ajak sikat gigi nurut, walaupun dengan mata terpejam..hi..hi..Untuk rambut tiap pagi keramas.


  • Memperkenalkan menu makanan yang variatif.

Alhamdulillah Icha suka semua jenis makanan.Ngga pernah nolak deh kalau makan..he..he..

Catatan bu guru : Icha sudah banyak kemajuan, kalau sebelumnya belum berani untuk tampil, misalnya nyanyi, sekarang sudah berani, sudah konsentrasi dan fokus memperhatikan apa yang diajarkan, cepat mengerti dan mengikuti apa yang diajarkan.

Belajar terus ya sayang, semoga kelak jadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.Amin.

26 thoughts on “Diary Icha Agustus 2007

  1. * Memperkenalkan menu makanan yang variatif.

    Alhamdulillah Icha suka semua jenis makanan.Ngga pernah nolak deh kalau makan..he..he..
    ———————-
    Inilah ciri khas Ica he…he…. ya dek……?

  2. emakkeiko said: * Memperkenalkan menu makanan yang variatif.Alhamdulillah Icha suka semua jenis makanan.Ngga pernah nolak deh kalau makan..he..he..———————-Inilah ciri khas Ica he…he…. ya dek……?

    iya nte Enit..Icha banget…xixixixi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s