Belajar Huruf dan Angka

Semaksimal mungkin waktu weekend atau waktu-waktu yang lain Bunda gunakan untuk Icha.Salah satunya mengajari untuk mengenal huruf dan angka.Untuk belajar huruf dan angka Bunda gunakan berbagai media dan cara, antara lain :

Ø CD interaktif, mengenal huruf dan angka.Belajar sambil bermain ini sangat disukai Icha.

Ø Menempel jajaran huruf A-Z dan angka 1 sampai 10 di setiap tempat strategis.Di pintu lemari Icha dan di pintu kamar yang mudah dilihat Icha.

Ø MS Word di komputer.Dengan memakai jenis font Arial Black dan size 72,lumayan jelas untuk Icha belajar memencet huruf dan angka yang dia mau di layar komputer.

Ø Memakai ABC domino yang Bunda dapat dari sisipan majalah Goodhousekeeping beberapa waktu yang lalu.Bentuknya yang ngga terlalu besar bisa dibawa Icha kemana aja sambil mainan yang lain.

Ø Kado dari teh Ririn.Berupa buku untuk belajar huruf dan angka ini.Tapi karena memakai bahasa Inggris, Icha masih suka bingung.Bunda yang jelasin satu-satu huruf-hurufnya.

Ø Di setiap kesempatan baca majalah Bobo atau baca majalah Bunda atau koran Ayah kalau Icha nimbrung Bunda tunjukin ini huruf apa ini huruf apa, ini angka berapa itu angka berapa.

Ø Bernyanyi sambil bermain huruf dan angka.

Ø Di setiap kegiatan yang memungkinkan sambil berhitung, kita sambil belajar berhitung.Misalnya naik tangga, menghitung kacang yang kita makan dsb.

Catatan kemajuan belajar huruf dan angka Icha sampai sekarang :

  1. Sudah bisa menyebutkan beberapa huruf yang Bunda tunjuk.Antara lain A, B, C, D, E, F, K, I, O dll.Bisa menyebutkan angka 1 – 10 dengan urut dan benar.Bermain sambil berhitung di setiap kesempatan.Misalnya menghitung jumlah air yang dituang dari gelas ke gayung, menghitung kacang yang mau di makan, jumlah bonekanya dsb.
  2. Sudah bisa minta dan mengambil sesuatu dengan menyebutkan jumlah benda.Misalnya Icha mau kerupuk dua, dengan benar Icha akan mengambil kerupuk dengan jumlah 2.
  3. Sudah bisa mengerti kata sandi yang suka gunakan Bunda untuk memberi isyarat.Misalnya, saat Bunda minta tolong Ayah untuk beli susu.Bunda bilang ama Ayah dengan menyebutkan hurufnya. S –U – S U ya Yah.Hal ini Bunda lakukan supaya Icha ngga minta susu, karena kalau udah nyebut kata susu, permintaan untuk minum susu pasti ada, padahal habis makan.Jadi Bunda mengeja kata susu tadi.Tapi suatu saat ternyata Icha udah tahu ejaan Bunda.Langsung minta susu.Ha..ha..sekarang ngga mengeja lagi, tapi pakai bahasa Inggris, milk ..he..he..
  4. Setiap kali Bunda pakai kaos yang ada hurufnya, Icha selalu bertanya ini huruf apa, Ma? Dan berusaha untuk mengejanya.Kadang bener kadang masih salah.
  5. Membuka-buka majalah suka bergaya seolah-olah bisa baca.A-a-a-a..u-u-u-u…k-k-k-k..o-o-o-o..lucu deh!

Belajar terus ya, sayang!

29 thoughts on “Belajar Huruf dan Angka

  1. Duh Icha pandai deh….. Memang iya sih gurunya Matt jg saranin di rumah kita pasang banyak alphabets, spy anak familiar. Disini metode belajar membaca dimulai dengan belajar rhymes. Dulu aku sempet was2 gimana ngajarin baca yah, soalnya bhs Inggris kan beda ama Indo. Untung gga ada masalah dengan Jake. Mungkin krn sering dibacain cerita, dia jd lebih cepat jg belajar baca.

    http://babybeluga.homeip.net

  2. bbbeluga said: Duh Icha pandai deh….. Memang iya sih gurunya Matt jg saranin di rumah kita pasang banyak alphabets, spy anak familiar. Disini metode belajar membaca dimulai dengan belajar rhymes. Dulu aku sempet was2 gimana ngajarin baca yah, soalnya bhs Inggris kan beda ama Indo. Untung gga ada masalah dengan Jake. Mungkin krn sering dibacain cerita, dia jd lebih cepat jg belajar baca. http://babybeluga.homeip.net

    iya pokoknya berbagai cara deh untuk mengenalkan huruf dan angka ini.Matt ama Jake juga diajarin ama bahasa Indonesia ya.

  3. ardhanamesvari said: PInter nih kak Icha..yg rajin belajarnya ya sayang..klo vari jg suka belajar ngetik2, ada bbrp huruf yg sdh hafal, tp masih byk juga yg belum🙂

    Vari belajar bareng yuukksss, icha juga hobi ketik2, kita pakai bahasa planet ya..ha..ha..

  4. miekehafidz said: Duh…senangnya….mamanya kreatif, anaknya jadi kreatif juga, cium sayang buat icha, muaaah…

    Punya Ibu yang cerdas en kreatif palagi gak kenal lelah jadi guru terbaik.. jamin deh Dek Icha gak butuh waktu lama buat kenal ma huruf2 itu..

  5. drjulia said: Punya Ibu yang cerdas en kreatif palagi gak kenal lelah jadi guru terbaik.. jamin deh Dek Icha gak butuh waktu lama buat kenal ma huruf2 itu..

    Icha juga punya Tante pinter kayak tante Julia, pingin ketularan besok gede mau juga jadi dokter..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s