Uang


“Uang pibu, Ma..” Hah, anakku udah ngerti uang!



Kalau pagi mbaknya Bunda kasih uang untuk jaga-jaga kalau ada yang urgent butuh uang.Atau ngga saat Bunda nawar sayur Ayu…”Bayamnya Yuk seribu 3 ya?” Atau saat Ayah tukar uang receh ke Bunda..”

Ada

recehan seribu ngga,Nda?” Entahlah darimana Icha tahu uang seribu, yang jelas sekarang kalau Bunda ngeluarin dompet atau ngeliat Bunda kasih uang ke mbaknya, Icha ikut-ikut minta uang…

“Uang pibu, Ma..”

“Untuk beli apa uangnya Cha?”

“Is..is..susssuuuu..” Ha..ha..tahunya uang hanya untuk beli susu.

Kalau tahunya uang hanya untuk beli susu ini yang selalu kita ajari..

“Ayah kemana dik?”

“Kerja..”

“Kerja cari apa..”

“Uang..”

“Uang untuk beli apa?”

“Susssuuuu…”


Suatu saat Bunda tunjukin beberapa lembar uang ngga hanya seribuan.Ada 5 ribu, 10 ribu dan 50 ribu.Yang dipilih yang warna biru…ha..ha..pinter juga milih yang gede..50 ribu.Nah, kalau lihat dompet Bunda ada seribuan dan 50 ribuan, milihnya tetep yang 50 ribuan…




Ini kesempatan Bunda juga untuk mengajarkan Icha menabung.Bunda beliin celengan Panda warna pink yang suka dipanggil Icha “nanda”.Ama nandanya ini sayang banget, dipeluk-peluk, disayang-sayang…

Yang masuk di perut Nanda recehan 500 karena gampang dimasukin ama Icha. Kalau ada sisa recehan Bunda kasih Icha untuk dimasukkan ke celengan Nanda.

Jadi ingat waktu kecil dulu Bunda punya celengan jago terbuat dari tanah liat.Tabungan jago Bunda dulu gampang banget diutik-utik lubang celengannya untuk diambil beberapa rupiah, biasa buat jajan.Selain itu gampang banget dipecahin.Nah ini yang bikin ngga bisa banyak nabungnya.Dapat lima ribu dipecahin, belum yang diutik-utik tadi, saat dipecahin kadang tinggal du ribu..ha..ha..

Celengan nanda punya Icha terbuat dari plastik dan keras lagi.Bunda juga bingung, nanti kalau penuh bukanya gimana ya? Hi..hi..ngga bisa diutik-utik lagi, makanya masukin 500 aja ya Cha, kalau 50 ribu sayang khan masih lama bukanya…Atau Bunda beliin lagi yang gampang dibuka ya..ehh ngga usah dink nanti Bunda utik-utik kalau Bunda lagi ngga punya uang.Ngga ngumpul-ngumpul ya Cha uangnya.He..he..


16 thoughts on “Uang

  1. isi yg ro rb aja bunda celengannya…. biar cepet banyak hehe
    duuuh de icha makin pinter saja dr hari ke hari… dhafin mah belum ngerti uang, belum bisa bedain hehe… belum diajarin… makasih mbak idenya… bunda yg kreatif🙂

  2. bundaicha said: ehh ngga usah dink nanti Bunda utik-utik kalau Bunda lagi ngga punya uang

    hihi…bagi dua ya ama aku mbak..ingat dulu jg jaman kecil jg sama, lubangnya dikuik-kuik ben rada lebar dikit. setiap saat perlu "dana segar" (qeqeqqq..), langsung cari jepit rambutnya ibu yg dari kawat hitam, seru deh acara kuik-kuek celengan…haha…

  3. bundaicha said: ehh ngga usah dink nanti Bunda utik-utik kalau Bunda lagi ngga punya uang

    Anak sekarang yach,Hebatttttttttttt….
    Udah ngerti uang,dan macam-macam,dulu kita aja boro-boro mau pegang uang lihatnya aja kali jarang,hehehe…

    Pintar ya De’ Icha,tau ngebedain seribu sama Lima puluh ribu,

  4. rinrinjamrianti said: isi yg ro rb aja bunda celengannya…. biar cepet banyak heheduuuh de icha makin pinter saja dr hari ke hari… dhafin mah belum ngerti uang, belum bisa bedain hehe… belum diajarin… makasih mbak idenya… bunda yg kreatif🙂

    he..he..maunya Teh, tapi ya itu tadi susah bukanya, jadi yang recehan aja.Icha juga baru belajar mbak..ayo kak Dhafin nanti minta uang mamah yang banyak ya..sssttt bagi ama Icha ya..:))

  5. inci73 said: masya Allah lucunya Icha, ekspresinya di foto paling atas itu lho. ‘seribu? gak mau…’, maunya lima puluh ribu ya…:-))

    iya mbak, mungkin warnanya yang mencolok (biru) dibanding yang lain jadi lebih tertarik dan kebetulan kok ya yang gede gitu lho..

  6. nurjanah said: hihi…bagi dua ya ama aku mbak..ingat dulu jg jaman kecil jg sama, lubangnya dikuik-kuik ben rada lebar dikit. setiap saat perlu "dana segar" (qeqeqqq..), langsung cari jepit rambutnya ibu yg dari kawat hitam, seru deh acara kuik-kuek celengan…haha…

    thoss dulu donk mbak Nung, serunya utak utik celengan ya, seneng kalau dapat uang buat jajan…

  7. yenisfamilyblog said: Anak sekarang yach,Hebatttttttttttt….Udah ngerti uang,dan macam-macam,dulu kita aja boro-boro mau pegang uang lihatnya aja kali jarang,hehehe…Pintar ya De’ Icha,tau ngebedain seribu sama Lima puluh ribu,

    jaman kita dulu yang kita kenal baru recehan ya mbak Yeni, 25 rp udah dapat es ama krupuk, sekarang 25 rp dapat apa ya? he..he..

  8. banyumili said: de Icha rajin nabung ya?kalo dah penuh celenganya buat beli apa dik?

    Cha…kalo Helda nabungnya di bedain yang receh sendiri, yang kertas sendiri. Yang receh gak bisa diutak-atik, gambar ayam. Kalau yang kertas, celengannya pake kunci jadi bisa dibuka sewaktu-waktu diperlukan, dan diambil seperlunya.

  9. istiaq said: Cha…kalo Helda nabungnya di bedain yang receh sendiri, yang kertas sendiri. Yang receh gak bisa diutak-atik, gambar ayam. Kalau yang kertas, celengannya pake kunci jadi bisa dibuka sewaktu-waktu diperlukan, dan diambil seperlunya.

    wah makasih Tante, ide yang bagus, nanti di contoh ya Tan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s