Ramah Menyapa

Hi namaku Icha..

Sebelum Bunda cerita, flash back dulu ke jaman dulu…

0 – 3 bulan waktu itu Icha masih mau digendong siapa aja, dibawa

sana

kemari oke oke saja.

Mulai umur 4 bulan Icha ngga mau di gendong sama “orang lain” yang belum familiar ama dia.Bunda masih inget banget cerita Mbah Is yang kebetulan waktu itu lagi datang ke Jakarta.Tukang pijitnya dulu waktu masih tinggal di Kemayoran namanya Mbah Gio.Hari itu jatah Icha dipijit, kebetulan yang nungguin mbah Is.Mbah Is nungguin di samping tempat tidur, sementara Icha mulai dipegang Mbah Gio.Saat dipegang Mbah Gio itu, mata Icha liat ke Mbah Is trus ke Mbah Gio sampai 3 kali bolak balik lihatnya, di hitungan ke tiga ngliatnya Mbah Gio langsung nangis kenceng, sudah tahu kalau mau dipijit!Ha..ha..

Sampai umur 18 bulan Icha masih takut ketemu orang yang ngga begitu akrab dengannya, kalau ama orang yang ngga dikenal malah ngga papa.Misalnya ke mall ketemu orang banyak Icha ngga nangis.Kalau diingat-ingat Icha bukannya ngga gaul, tiap pagi dan sore diajak jalan-jalan sekitar komplek, banyak ketemu orang, tapi ngga tahu deh kenapa. Banyak cerita tentang cengengnya Icha kalau ketemu orang lain, diantaranya :

  • Ada

    saudara yang berkunjung ke rumah, begitu ada yang masuk ke rumah langsung nangis.Senengnya ngumpet di kamar!Begitu juga saat Mbah berkunjung.Mesti cuek dulu, dideketin pelan-pelan baru disapa.Kalau langsung di sapa langsung nangis.Lama-lama juga ngga, jadi mesti perlu waktu.Sampai Mbah pernah bilang, “De..masak Mbah mesti cuek-cuek dulu sih ama cucu..” he..he..maaf ya Mbah..

  • Ada

    tamunya Ayah, temen atau tetangga datang, yang ngga masuk rumah (di teras aja), Icha ngga nangis malah ngintip-ngintip gitu di jendela.Tapi kalau mulai disapa, udah deh nangis lagi…

  • Waktu di Boyolali lebaran kemaren, wah repotnya!Setiap ada yang datang bersilaturahmi pasti nangis, ngumpet lagi di kamar.Begitu juga waktu kita berkunjung ke tempat sauadara, belum masuk rumahnya udah nangis duluan.Terpaksa gentian ama Ayah masuk ke rumah suadara-saudara untuk lebaran.Sementara itu Icha nunggu di luar!Sangat repot lagi waktu ada halal bihalal keluarga besar Bapak yang jumlahnya ada 100 orang lebih, dari anak menantu, cucu cicit semua kumpul.Padahal semua Mbah-Mbah dan sepupunya khan pingin nyapa wong ngga pernah ketemu gitu lho, tapi ya gitu setiap di dekatin nangisnya kayak diapain…
  • Di tetangga sekitar Icha dikenal karena tangisnya takut ama orang itu..ha..ha.Pernah ada Ibu-Ibu ketemu di Alfa, kenal Icha tapi Bunda ngga kenal ama Ibu itu.Ibunya bilang gini, ini Icha ya yang suka nangis kalau ditimbang di Posyandu, nah lho..ha..ha..


Maem bakpao kesukaan Icha


Di tempat Engkoh beli aqua..

Alhamdulillah sekarang sudah ngga takut lagi sama orang.Malah ramah menyapa. Bunda jadi terharu ketika masuk sekolah Icha sudah berani kemana-mana sendiri, ngga ditungguin di dalam, ngga nangis.

Setiap pagi di depan rumah banyak yang lewat jual roti dengan suara musik atau seruan khasnya..roti..roti!Belum lagi tukang bubur, ketoprak, jamu gendong, tukang sayur ramai berlalu lalang bergantian.

Icha?Ramah menyapa…hi..hi..Ngga minta beli ngga, cuman seneng nyapa aja…

  • Bapak Roti.”Bapak Oti..” sapanya.Dari dulu paling seneng nyapa Bapak roti, bahkan saat masih takut sama orang, Bapak roti ini yang ngga ditakuti Icha, karena bawa roti kali ya..enag..enag..
  • Bakpao.Kalau lewat khan suka teriak-teriak..bakpao..bakpao..Icha suka menyapa bilang bakpao! Kalau ditanya mau dibeliin bakpao, baru mau minta dibeliin bakpao.
  • Sayur.Yang jual sayur namanya Ayu.Kalau udah denger Ayu teriak-teriak sayurr!! Icha langsung menyapa Ayuuukkk…
  • Aqua.Engkoh yang jual aqua kalau nganter aqua suka pakai vespa yang suara vespanya khan emang khas gitu.Jadi kalau ada suara vespa lewat entah Engkoh atau bukan (karena Icha juga ngga liat, cuman dengar suaranya) dipanggilnya Engkoh..
  • Nenek.Bu Haji yang jual nasi uduk enag suka ngasih Icha kerupuk banyak, satu plastik, Icha seneng bangettt..imbasnya sama Bu Haji juga ramah banget..”nenek…” panggilnya..

17 thoughts on “Ramah Menyapa

  1. Hi..hi….Icha lucu…….
    Sama kayak Keiko bayi dulu, maunya cuma sama mama dan tetangga sebelah kita ( panggilnya Umi, org Ina…). Paling takut ama tante Mia……
    Udah besar, sama siapa2 disenyumin ( org Jpg…) padahal orang itu nggak niat nengok kita, tapi karena adik senyum dan nganggukin kepala…terpaksa deh disapa….ha…ha…..

  2. duuuh de icha makin pinter ya…🙂
    dulu dhafin saat usia 6 bulan-nan dibawa ke kalbar tempat papanya juga sempet nangis mbak, soalnya mungkin dia kaget, dateng disambut banyak orang… terus pernah dibawa kehajatan, setiap orang nyapa dia dan pingin gendong dia juga nangis…. sy sempet bingung, tp sejalan dengan waktu apalagi saat udah sekolah… semua berlalu…. mungkin itu satu tahapan ya mbak…. yg nyebelin tp kl ingat skrg jadi cerita yg lucu🙂

  3. Emang anak kecil punya masanya begitu….. anak2ku juga begitu, terus aja diajak ketempat yg ramai…. belajar bersosialisasi !!
    Jempollll… sekarang d’Icha udah pinter yah !

  4. emakkeiko said: Hi..hi….Icha lucu…….Sama kayak Keiko bayi dulu, maunya cuma sama mama dan tetangga sebelah kita ( panggilnya Umi, org Ina…). Paling takut ama tante Mia……Udah besar, sama siapa2 disenyumin ( org Jpg…) padahal orang itu nggak niat nengok kita, tapi karena adik senyum dan nganggukin kepala…terpaksa deh disapa….ha…ha…..

    ternyata punya cerita yang sama ya dik Keiko ama Icha, thos dulu donk..:)

  5. rinrinjamrianti said: duuuh de icha makin pinter ya… :)dulu dhafin saat usia 6 bulan-nan dibawa ke kalbar tempat papanya juga sempet nangis mbak, soalnya mungkin dia kaget, dateng disambut banyak orang… terus pernah dibawa kehajatan, setiap orang nyapa dia dan pingin gendong dia juga nangis…. sy sempet bingung, tp sejalan dengan waktu apalagi saat udah sekolah… semua berlalu…. mungkin itu satu tahapan ya mbak…. yg nyebelin tp kl ingat skrg jadi cerita yg lucu🙂

    iya teh bener banget, biar jd cerita kalau nanti dia besar baca ini khan geli sendiri..hi..hi..:))

  6. tehtina said: Emang anak kecil punya masanya begitu….. anak2ku juga begitu, terus aja diajak ketempat yg ramai…. belajar bersosialisasi !! Jempollll… sekarang d’Icha udah pinter yah !

    emang bener ya Teh, ada masanya anak ngga gt lagi, wah saya bayangin kalau gitu terus khan repottt banget…:)

  7. bundaicha said: harus ada krupuknya mbak biar Icha ramah ama tante Nung dan dipanggil2 nte Nung..nte Nung..ha..ha…

    la tante ini gudangnya krupuk ya..hihi…soalnya tiap ada acara kumpul2 disini, tante langsung ngacung siap goreng krupuk. takut ditunjuk tugas masak yag lebih berat…haha…angkat tanagn deh. Krupuk??gampang. Tosss dulu ya sayang….

  8. nurjanah said: la tante ini gudangnya krupuk ya..hihi…soalnya tiap ada acara kumpul2 disini, tante langsung ngacung siap goreng krupuk. takut ditunjuk tugas masak yag lebih berat…haha…angkat tanagn deh. Krupuk??gampang. Tosss dulu ya sayang….

    passs donk tante, janji ya besok bawain krupuk, kriuk-kriuk, asyiikk..

  9. nurjanah said: la tante ini gudangnya krupuk ya..hihi…soalnya tiap ada acara kumpul2 disini, tante langsung ngacung siap goreng krupuk. takut ditunjuk tugas masak yag lebih berat…haha…angkat tanagn deh. Krupuk??gampang. Tosss dulu ya sayang….

    Hebat! Gimana caranya Bun mrubah Icha bisa jadi ramah begitu.

  10. nurjanah said: la tante ini gudangnya krupuk ya..hihi…soalnya tiap ada acara kumpul2 disini, tante langsung ngacung siap goreng krupuk. takut ditunjuk tugas masak yag lebih berat…haha…angkat tanagn deh. Krupuk??gampang. Tosss dulu ya sayang….

    Yach…kesukaannya sama dengan Helda, bakpao.

  11. nurjanah said: la tante ini gudangnya krupuk ya..hihi…soalnya tiap ada acara kumpul2 disini, tante langsung ngacung siap goreng krupuk. takut ditunjuk tugas masak yag lebih berat…haha…angkat tanagn deh. Krupuk??gampang. Tosss dulu ya sayang….

    iya ya mbak..emang enag sih bakpao..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s