Gigi Geligi

Gigi susu Icha sekarang ada 18 buah, terdiri dari :

Rahang Atas

Seri Tengah

Seri Samping

Taring

Geraham I

Rahang Bawah

Seri Tengah

Seri Samping

Taring

Geraham I

Geraham II


Hampir lengkap gigi susunya, tinggal menunggu geraham II di rahang atas.Hmm yang dulu ngga punya gigi sekarang giginya dah banyak!


Perawatan Gigi Icha


Sebelum gigi Icha tumbuh gusinya suka Bunda usap pakai kain kasa yang dikasih air hangat.Masih nurut ngga rewel kalau lagi di bersihin.

Mulai 1 tahun giginya sudah lumayan banyak Bunda mulai pakai sikat gigi.Nah mulai pakai sikat gigi ini Icha suka rewel kalau dibersihin.Nangisnya kayak diapain….emang sedikit Bunda paksa untuk disikat giginya.Berbagai cara Bunda cari supaya Icha ngga nangis kalau sikat gigi.Dari diajak sikat gigi bersama sambil ngaca, pura-pura sikat gigi bonekanya dll tapi belum berhasil juga.Yang ada malah gigi bonekanya yang bersih karena disikat dengan baik dan benar untuk contoh..ha..ha..


Awalnya di Boyolali saat Lebaran kemaren, ada mbak Della yang jadi modelnya.Ketika melihat mbak Della sikat gigi Icha ikut-ikutan pakai sikat gigi sendiri.Lama-lama mau disikat sama Bunda..alhamdulillah ngga berantem lagi sama Bunda kalau lagi sikat gigi.Pulang dari Boyolali sampai rumah masih agak rewel kalau disikat giginya, karena ngga ada mbak Della kali ya.Baru mau disikat setelah dirayu dan diberi pujian.

“Lihat Yah atau mbak atau Miki (bonekanya) atau Mbah atau Bapak roti yang kebetulan sedang lewat dengan suara musik khasnya, Icah pinter nih mau sikat gigi!”

Baru deh mau di sikat giginya..alhamdulillah lagi ngga ada acara berantem ama Bunda.


Ketika Icha sudah bisa berkumur,Bunda mulai pakai pasta gigi.Zwitsal rasa strawberry pasta gigi yang Bunda beli pertama kali untuk Icha.Kenapa pilih Zwitsal ?

1. Aman bila tertelan.Ini penting karena walaupun sudah bisa berkumur tapi masih suka ditelan, atau air di dalam mulutnya suka buat mainan, pasti ada yang masih tertelan.

2. Zwitsal salah satu client di kantor Bunda, full service, jadi sekalian promosiin pakai Zwitsal ya Ibu-Ibu…ha..ha..*just kidding*

Yang kedua pernah cobain ENZIM untuk anak-anak yang aman juga kalau tertelan.Tapi waktu pertama kali pakai sepertinya Icha kepedesan.Begitu Bunda gosok giginya pakai ENZIM, hah..hah..katanya.Jadi Bunda balik lagi pakai Zwitsal.Icha riang Bunda senang!

Nah, saat sikat gigi memakai pasta gigi ini masih ada sedikit keributan antara Icha dan Bunda.Maunya sikat gigi sendiri dan pakai pasta gigi sendiri.Lumayan bisa sih sikat giginya sendiri terutama yang gigi seri dan taring rahang bawah.Yang bikin ketawa kadang yang bergerak bukan sikat giginya tapi kepalanya yang goyang kanan-kiri sementara posisi sikat giginya tetep di tempat..ha..ha.. Yang bikin ribut kalau pasta giginya dibuat mainan, ditumpahin sana-sini, pemborosan gittttuhhh…hi…hi…bukannya pelit ya Nak, tapi ya gimana ya?He..he..Atau ngga dituang banyak di sikat giginya dan ditelan!Walah ini yang bikin Bunda makin cerewet.

“Ichaaaaa,pasta gigi ngga boleh di makan sayang!” Bukannya nurutin kata Bunda kadang malah ngikutin nada Bunda panggil Icha….Ichaaaaaa..hue..he..he…gimana ngga gemes, buntut-buntutnya Bunda ciumin pipinya yang embul, he..rukun lagi!Peace Bunda!


Walaupun sudah pakai sikat gigi, tapi kain kasa masih Bunda sediakan.Karena kalau malam kadang masih minta susu, dan Icha masih pakai dot, jadi kalau malam habis minum susu Bunda lap pakai kain kasa itu.Ngga rewel kalau dilap masih kebawa hawa ngantuknya sambil theklak-thekluk, Bunda juga..he..Saat-saat ini Bunda lagi berusaha untuk melepas dotnya, ada saran ngga ya?


Kegunaan Gigi Icha


Untuk mengunyah maem..hi..hi..pasti!Dengan giginya yang hampir lengkap Icha sudah gampang makan apa aja, termasuk kacang yang Icha suka.Nyam..nyam..

Nah, yang satu ini bikin Bunda atau Ayah kaget dan menjerit.

Tadi pagi, sebelum berangkat kerja sempet bercanda ria dengan Bunda, di atas kasur minta ditarik kakinya, terus kalau udah deket Bunda pasti Bunda uyel-uyel. Tiba-tiba Icha gigit tangan Bunda!Wadow..sakit, kenceng lagi gigitnya.

“Aduh sayang,Bunda kok digigit, sakit nih (sambil liatin tangan Bunda yang ada bekas gigitannya).” Apa reaksi Icha?

“Hiiiihiiiihiii….” Ketawa ketiwi, seneng bisa gigit Bunda, gitu kali.Hiiii Bunda uyel-uyel lagi!

Tapi Bunda ngga kapok, karena setelah itu Bunda minta Icha action untuk di foto saat giginya gigit tangan Bunda.Ngga gampang lho!Icha ngga mau action.Suruh gigit ngga mau.He..he..Bunda uyel-uyel lagi dan tugas mbaknya untuk bantu Bunda foto Icha…ha..ha..biar dapat kenang-kenangan usilnya Icha gitu.




Tadi Bunda telepon Ayah cerita tentang gigitan Icha, ternyata semalam Ayah sudah ngalamin juga!

Begini cerita Ayah.Waktu Ayah duduk, Icha pura-pura pijit bahu Ayah.

“Pijit Ayah..” Trus dipijit bener, tapi ya ngga kenceng-kenceng, jarinya nyet-nyet gitu di bahu Ayah.Habis itu kok nggigit!Ngga kenceng sih karena daging di bahu ngga selunak di tangan kali ya..hi..hi..

Makanya Nda, Nda jangan suka gigit Ayah, ditiru tuh sama Dede.

Ha..ha.. Bunda jadi ingat kalau gemes ama Ayah emang suka gigit!Maaf ya Yah.Jadi contoh ngga bagus nih buat Icha.Iya deh nanti kalau mau gigit Ayah jangan sampai dilihat Icha, hi..hi..tetep maunya gigit.Peace Yah!



16 thoughts on “Gigi Geligi

  1. hihi.. natane jg ud bisa gigit pake gusi dan 2 gigi bawah, jadinya geli bukan sakit hehehe… btw gigit suami kalo lagi gemes emang enak ya mbak.. hihi.. gemesnya terlampiaskan.. mungkin itu juga yg dirasain icha.. gemes sama ayah-bundanya hehe..

  2. yenisfamilyblog said: Bunda Dek Icha rajin Euy…Salut dech sampai perkembangan Giginya De’ Icha tau,hehhee…….Trus Gimana gigit-gigitannya,Nah Lhoooooo……..kok pake gigit-gigitan sgala????????

    maklum mbak Yeni baru satu jadi fokusnya cuman ke Icha, gigit-gigitannya udahan mbak sakit oeeii..he..he..

  3. yenisfamilyblog said: Bunda Dek Icha rajin Euy…Salut dech sampai perkembangan Giginya De’ Icha tau,hehhee…….Trus Gimana gigit-gigitannya,Nah Lhoooooo……..kok pake gigit-gigitan sgala????????

    wah tajem juga gigitan de Icha!!! sering2 aja gigit bunda ya de! hehehe…

  4. pinoku said: hihi.. natane jg ud bisa gigit pake gusi dan 2 gigi bawah, jadinya geli bukan sakit hehehe… btw gigit suami kalo lagi gemes emang enak ya mbak.. hihi.. gemesnya terlampiaskan.. mungkin itu juga yg dirasain icha.. gemes sama ayah-bundanya hehe..

    waktu belum punya gigi sama nih ama dik Natane, geliii, kalau dah lengkap gini lumayan mbak sakitnya..hi..hi..bener kali ya Icha juga gemes liat Ayah ama Bunda..:)

  5. pinoku said: hihi.. natane jg ud bisa gigit pake gusi dan 2 gigi bawah, jadinya geli bukan sakit hehehe… btw gigit suami kalo lagi gemes emang enak ya mbak.. hihi.. gemesnya terlampiaskan.. mungkin itu juga yg dirasain icha.. gemes sama ayah-bundanya hehe..

    xixixi..kebiasaan Nda turun ke anaknya….moga2 ga lamaa ya
    Kaka Icha..sama nich dg dik Sena, klo mimi ASI senengnya gigit2…huua sakiit
    mo donk kiriman switsalnya Nda….

  6. pinoku said: hihi.. natane jg ud bisa gigit pake gusi dan 2 gigi bawah, jadinya geli bukan sakit hehehe… btw gigit suami kalo lagi gemes emang enak ya mbak.. hihi.. gemesnya terlampiaskan.. mungkin itu juga yg dirasain icha.. gemes sama ayah-bundanya hehe..

    aih….hasil gigitannya kok tajam gitu yach? hihi…

  7. kreshnasena said: xixixi..kebiasaan Nda turun ke anaknya….moga2 ga lamaa yaKaka Icha..sama nich dg dik Sena, klo mimi ASI senengnya gigit2…huua sakiitmo donk kiriman switsalnya Nda….

    itu dia mbak, saya bayangin kalau masih kasih ASI sampai seumur Icha gimana ya kalau digigit?Sakit pasti ya mbak…Ditunggu ya mbak kiriman Zwitsalnya…*cuuuiiinnnggg* dah nyampe belum? he..he…

  8. nurjanah said: aih….hasil gigitannya kok tajam gitu yach? hihi…

    Anak2 emang biasa begitu, mungkin karena giginya gatel ‘Nda…. coba dikasih camilan yang dia bisa pegang sendiri… Buah Apel ! baek buat Icha, baek buat gigi yg baru tumbuh juga ! Pizzz Icha, Pizz Bunda…hahahaha

  9. nurjanah said: aih….hasil gigitannya kok tajam gitu yach? hihi…

    aduuuh de icha…. enakan gigit apel deh hehe… tangan bunda mah pasti ngak enak….
    mbak ari emang TOP BGT…. rajiiiin pisaaaan…. telaten banget menjadi bunda…. aduuuh coba jadi tetangga ya, dhafin sy titipin deh hehe

  10. nurjanah said: aih….hasil gigitannya kok tajam gitu yach? hihi…

    Wah Icha…lagi nyobain ketajaman giginya yang telah dirawat dengan baik yaa….tapi wuiiih Icha….gigitnya kencang banget ya, sampai bekas gitu……
    Jangan di ulang ya sayang….kasihan khan bundanya kesakitan….coba kalau Icha yang di gigit?

  11. rinrinjamrianti said: aduuuh de icha…. enakan gigit apel deh hehe… tangan bunda mah pasti ngak enak….mbak ari emang TOP BGT…. rajiiiin pisaaaan…. telaten banget menjadi bunda…. aduuuh coba jadi tetangga ya, dhafin sy titipin deh hehe

    he..he..iya Tante enakan apel yach..boleh Teh Rin kak Dhafin disini tapi bayarnya mahal lho Teh..:))

  12. istiaq said: Wah Icha…lagi nyobain ketajaman giginya yang telah dirawat dengan baik yaa….tapi wuiiih Icha….gigitnya kencang banget ya, sampai bekas gitu……Jangan di ulang ya sayang….kasihan khan bundanya kesakitan….coba kalau Icha yang di gigit?

    iya Tante, dah janji ama Bunda ngga gigit lagi he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s