Pagi yang indah hari ini…

"Mama…"

Bunda terkejut denger suara Icha yang membangunkan tidur nyenyak Bunda.Ternyata Icha sudah bangun duluan.Ngelirik sedikit lihat jam masih jam 04.30…

"Iya, sayang…" Bunda jawab masih sambil merem…

"Ma, pipis…" Dalam hati Bunda, bener ngga ya minta pipis, karena Icha sekarang gitu.Biar Bunda cepet bangun atau minta sesuatu dan segera berdiri alasannya minta pipis.Sampai di kamar mandi bilang ngga, malah ngajak ke depan, nonton TV atau apa yang Icha mau saat itu.Jadi kalau minta pipis Bunda suka curiga, bener ngga ya..he..he…maaf ya Nak…

"Ama Ayah, ya?"

"Yah.." Gantian bangunin Ayahnya.

"Apa, sayang… Kalau Icha memanggil kita, Ayah ama Bunda punya jawaban sendiri.Kalau Bunda iya, sayang..kalau Ayah..apa, sayang…Icha suka niruin, manggil sendiri jawab sendiri.Mama, iya..Ayah, apa…katanya…hi..hi..lucu.

"Mau pipis ya, ama Ayah yuk.."

"Ndak, Mama…" Ngulet dulu…egghhh, maunya pipis ama Mama..

"Yo, bangun kalau mau pipis.."

"Ayo.." Icha langsung bangun, menuju kamar mandi diikuti Bunda dan Ayah juga.Selamat pagi dunia…kita dah bangun nih..he..he..

Habis bangun tidur, rambut Icha selalu acak-acakan.Ayah sering ngeledikin Icha.Kata Ayah rambut Icha kawul.Kawul?Bunda tanya ama Ayah, apaan tuh kawul Yah?Itu lho kayak rambut DD yang acak-acakan (mobrak-mabrik)..O, gt.Tapi Bunda suka protes kalau Ayah manggil Icha mbak kawul.Ayah, nama bagus-bagus kok dipanggil mbak kawul, sih.Habis lucu kata Ayah, rambutnya berantakan.Bener juga ya rambutnya kawul..lihat deh fotonya..Kadang Ayah panggil Icha mbak Minul.Dapat darimana nama mbak Minul, Yah?Karena DD endut, suka joged, megal megol kalau denger lagu,apalagi dangdut, jadi kayak Inul, tapi biar beda panggil Minul aja.Ih, Ayah bisa aja deh…awas ya kalau panggil DD mbak Kawul ama mbak Minul…he..he..maaf ya Yah diancam nih.

Jam 05.30, langit sudah cerah banget.Saatnya jalan-jalan…Rambut Icha udah ngga kawul lagi, karena sudah dirapiin Bunda, udah cuci muka jadi lebih fresh, udah ganti baju jadi ngga bau iler lagi..ha..ha..Bunda bercanda..anak Bunda ngga ngileran kok ya…

Pintu gerbang dibuka, Ayah ama Bunda udah mau jalan.Eh, tiba-tiba Icha mau masuk lagi.

"Mama, tas…" Minta diambilin tas..

"Lha buat apa dik bawa tas, khan cuman jalan-jalan ke situ.."

"Tas..tas..Mama.." Weleh, ya udah masuk lagi ambil tas.Kayak mau jalan-jalan kemana dik bawa tas.Lagian tasnya juga ngga diisi apa-apa, cuman buat mejeng doank..he.he..ngga papa, biar Icha seneng.

Sambil jalan, senam dan berhitung atu, uwa…tangan Icha diayun-ayun kayak senam beneran.Ayah lari-lari kecil, Icha ikut lari-lari kecil.Kadang masih agak tersandung jalannya, jadi kalau Icha udah mulai lari-lari Bunda ngikutin geraknya…lumayan sekalian olah raga.Sepanjang jalan riang gembira deh Icha hari ini.Apalagi saat lihat kupu-kupu di taman tetangga sebelah…

"Ma, pupu.."

"Mana dik kupu-kupunya?’

"Tu..tu.." sambil nunjuk-nunjuk ke kupu-kupu…

"O, iya, bagus ya kupu-kupunya…mulai deh Bunda nyanyi kupu-kupu yang lucu, kemana engaku terbang…Icha yang joged-joged tangannya dikepak-kepak kayak kupu terbang…Ayah ikut tepuk tangan…serunya!

Tiba di pertigaan Icha ngajak belok kiri…

"Nini Mama…" Lho kok ngajak belok kiri?Kalau belok kanan bisa balik muter ke rumah lagi.

"Ke sana aja dik (ngajak belok kanan).."

"Nini Mama.." Sambil terus jalan belok ke kiri.

"Ue…" Ooo minta belok kiri mau beli kue.Bunda ngelirik ke Ayah..

"Bawa uang ngga Yah?"

"Tenang aja, bawa..nih." Ayah nunjukin uangnya Rp.10.000,- Ya, lumayan bisa buat beli kue.Emang di komplek kita ada toko roti yang jual macam-macam, dari kue pasar sampai kue tart, enak rasanya.Icha paling suka beli risol dan arem-arem yang isinya daging dan sayur-sayuran.Satuannya dijual Rp.1400,- nanggung ya?He..he..yang ini ngga usah dibahas.Kalau makan arem-arem bisa habis 1.5 lho…halah gimana ngga gendut tho anak Bunda ini.Belum risolnya, nah lho..

"Enak ngga dik arem-aremnya?"

"Enak..agi, Ma.." O, enak ya, pantesan minta terus dan terus…

Jadilah sarapan paginya arem-arem dan risol, ditambah 1 gelas air putih.

"Udah kenyang dik perutnya?’

"Dah, yut endut, Ma.." sambil nunjukin perutnya yang memang endut..ihh jadi gemes…

"Sini, Mama tiup perut endutnya…bussshh…" Icha terkekeh-kekeh kegelian…

"Jangan diajak bercanda Nda, nanti muntah, kata Ayah." Oppss, iya Bunda diingetin, habis makan kekenyangan, tertawa-tawa, ntar muntah, sayang khan makanannya dikeluarin lagi.Oke deh Ayah…

Soal muntah ini Bunda heran ya, dari bayi Icha gampang banget muntah.Kalau hog dikit aja, langsung deh muntah.Batuk dikit uhuk..uhuk..dibarengin muntah.Tapi sekarang udah agak mending, ngga sering muntah.Kalau udah hog atau batuk-batuk segera dikasih air putih.Aman, ngga jadi muntah…

Jalan-jalan udah, sarapan udah, saatnya mandi…hooorreeee..Icha seneng banget kalau diajak mandi.

"Ayo mandi Nak.."

"Ayo.." sambil jalan menuju kamar mandi.

"Ama Ayah dulu ya, lepas bajunya, Bunda siapin air panas dan baju gantinya…"

Mulai disiapkan mandinya Icha.Ember mandi diisi air dingin dan air panas, sampai hangat-hangat kuku.Icha suka ikut-ikutan ngecek air mandinya kepanasan apa ngga pakai sikutnya..hi..hi..lucu.Gelas air minum untuk sikat gigi.Peralatan mandinya shampoo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, tak lupa mainannya…Baju ganti, minyak kayu putih, bedak, sisir, sudah disiapin semua..beres..

"Oke, udah siap semua mandinya.." Icha segera dituntun Ayah dan didudukin di kursi singgasananya untuk dimandiin.Sementara Icha mandi Ayah juga mandi.

"Yak, Bunda keramas dulu ya…ayo kepalanya ke atas." Icha langsung tengadah kepalanya, disiram air ama Bunda.Dikasih shampoo Zwitsal..rambut Icha jadi hitam, halus dan lembut "bayi riang ibu senang" slogannya Zwitsal he..he..sekalian promo iklan gratis, karena Zwitsal client kita..hip..hip..hura..Busa shampoonya suka dimainin Icha."Ni Mama.." minta busanya shampoo Zwitsal dikasih di pahanya.Kadang suka lupa, tangannya masih belepotan busa ucek-ucek mata…aduh perih ya Nak?

"Keramas udah, sekarang badannya Bunda sabun, ya." Icha dah siap-siap tangannya "ndaplang" — apa ya bahasa Indonesianya ndapalang? — direntangkan — tanya sendiri jawab sendiri, gitu deh pokoknya…"Etek Mama.." hi..hi keteknya minta di sabun.Oke deh biar ngga bau ya, keteknya di sabun Bunda.Terus berlanjut, perut, tangan, kaki…"Antat Mama.." He..he..pantatnya juga kata Icha."Ayo berdiri pantatnya Bunda sabun.." Selesai diguyur…byurrr..emmm..seger…"Ma, masuk.." Icha minta masuk ke embernya.Boleh, sayang, badannya udah bersih, mau main air ya?"Iya, seru Icha sambil senyum manisss…Mulai deh mainan, boneka bayinya, kucing, bebek, katak, ikut dimandiin…Ditengah-tengah asyiknya bermain, tiba-tiba…"Mama, pup…" Hah, buru-buru Bunda angkat dari ember, lari ke kamar mandi sebelah..

Sekarang Icha udah cantik, ganti baju, pakai bedak wangi, bau minyak kayu putihnya khas banget..pingin nyium terus rasanya…tinggal main-main ama mbak ya dik, Ayah ama Bunda mau kerja…

Jam 07.00.Oke, Bunda udah rapi Ayah juga, sekarang kita kerja dulu ya Nak.Banyak pesen ke mbaknya, hati-hati jaga DD ya jangan sampai jatuh-jatuh lagi, nanti makan siang ama sorenya ini dan itu, buahnya ini, camilannya ini, susunya masih khan ya…dst..dst..jangan bosen ya mbak di cerewetin Bunda..he..he.. Cipika cipiki, plus kening Icha, Icha salim Bunda ama Ayah…dadah…kiss bye…muuaachh…tunggu Bunda nanti malam ya..hiks..hiks…lihat senyumnya waktu antar kerja Bunda, ngga tega! Sayang, we love you ya…

10 thoughts on “Pagi yang indah hari ini…

  1. Mbak ari ini, bunda yang hebat…. sy saluuut… pinter mendidik anak…. de ichanya juga pinter yah… makannya gampang yah…. dulu dhafin smp 2 th gampang makannya… sekarang susah banget kalo makan nasi… tp kalo cemilan mah gampang, apalagi susu…

    makaish ya mbak, cerita2 de icha memberi inspirasi buat sy🙂

  2. rinrinjamrianti said: Mbak ari ini, bunda yang hebat…. sy saluuut… pinter mendidik anak…. de ichanya juga pinter yah… makannya gampang yah…. dulu dhafin smp 2 th gampang makannya… sekarang susah banget kalo makan nasi… tp kalo cemilan mah gampang, apalagi susu… makaish ya mbak, cerita2 de icha memberi inspirasi buat sy🙂

    aduh teteh jadi malu nih, dipuji2 gitu..teteh juga pinterrr didik kak Dhafin..cerita2 teteh juga banyak bikin inspirasi buat saya..makasih juga ya teh suka digangguin ol di YM..he..he..makasih banyak info2nya..

  3. rinrinjamrianti said: Mbak ari ini, bunda yang hebat…. sy saluuut… pinter mendidik anak…. de ichanya juga pinter yah… makannya gampang yah…. dulu dhafin smp 2 th gampang makannya… sekarang susah banget kalo makan nasi… tp kalo cemilan mah gampang, apalagi susu… makaish ya mbak, cerita2 de icha memberi inspirasi buat sy🙂

    Kaciannnn,Bunda di bohongin Icha ya…?Anak seumur Icha emang suka gitu mbak,apalagi kalo’ ada maunya kita ngga’ kasih,Dia pasti cari alasan yg bisa buat kita terbuai,HIDUP ICHA…

  4. yenisfamilyblog said: Kaciannnn,Bunda di bohongin Icha ya…?Anak seumur Icha emang suka gitu mbak,apalagi kalo’ ada maunya kita ngga’ kasih,Dia pasti cari alasan yg bisa buat kita terbuai,HIDUP ICHA…

    o, gt ya mbak..wah dapat dukungan nih dari tante Yeni…– Icha seneng, tepuk tangan plok..plok —

  5. nurjanah said: wah…seneng baca ceritanya icha. kalo icha aja makan arem2 bisa 1,5 tante bisa 2 kali ya….hehe….jd kangen arem-arem deh..

    arem2nya emang uenak Tante..jadi Icha habis banyak..besok kalau pulang ke Ina Icha bawain arem2 ya..he..he..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s