Hobby Numpah-Numpahin

Hobby numpah-numpahin ini sudah lama sejak Icha bayi sampai sekarang.Yang sering ditumpahin antara lain minyak telon, bedak, shampoo, pasta gigi, sabun cair dll.

Hobby Icha itu tersalurkan dan dimulai ketika…

Mandi

Di moment ini banyak barang yang bagi Icha sangat menarik untuk dimainkan.Kalau diajak mandi paling semangat, selain banyak mainan untuk diajak mandi seperti bola, boneka kecil-kecil bermacam bentuk yang bisa berenang, dan berbagai mainan plastik yang bisa diajak "mandi" juga karena hobbynya tersalurkan yaitu numpah-numpahin botol.Ngga heran kalau shampoo, sabun cair dan pasta giginya cepet habis.Biasanya udah selesai keramas, badannya disabun, dibilas, Icha minta masuk ke ember mandinya dan menyalurkan hobbynya itu.Tergantung apa yang "mood" untuk dia mainkan hari itu, ya akan diminta.Seperti tadi pagi, numpah-numpahin pasta gigi.Dipencet keluar pasta giginya, seneng banget, sambil teriak-teriak diulangi lagi.Ngga puas ditumpahin di tangan, diambilnya kotak tempat sikat giginya, ditumpahin disitu sampai penuh pasta gigi, terus dipencet lagi dikasih disikat giginya terus pura-pura sikat gigi lagi, senengnya sambil ketawa-tawa..Ngga papa deh Nak, Icha senang Bunda ikut senang slogannya…he…he…

Selain itu yang jadi eksploitasinya adalah air.Air di bak mandinya sering diambil di tempat sabun atau gayung terus ditumpahin di tangannya atau tempat lain lagi atau dibuang ke lantai, diambil lagi, ditumpahin dst.Kadang minta selang di kran kamar mandi minta dinyalain terus dibuat mainan air yang dari selang, diisi di gayung atau disemprot-semprot ke tangan, kaki, badannya, pakai jarinya hingga airnya kemana-mana, ngga jarang kena mukanya juga kadang sampe gelagepan.Walaupun begitu tetep keukeuh main airnya, gelagepan lagi, ngga masalah lah yaow..mungkin gitu kata Icha…

Selesai mandi

Habis mandi biasanya kita kasih minyak telon atau minyak kayu putih, bedak di punggung (kalau hawanya panas) dan di muka biar lebih fresh.Nah semua peralatan itu menarik perhatiannya.Untuk minyak telon dan minyak kayu putih kita sediakan botol yang sudah kosong, jadi kita pakaiin botol yang masih isi sedangkan Icha sibuk mainan botolnya yang sudah kosong.Itu dulu saat dia masih 7 bulan gitu.Sekarang kalau dikasih botol yang kosong ngga mau, sudah tahu kalau ngga ada isinya."habis Mama, katanya" terus minta botol yang masih ada isinya.Untung sekarang sudah bisa dikasih tahu, "minyak ini bukan untuk mainan ya sayang, kataku" Nanti kalau kena mata perih."Kalau udah gitu Icha kasih ekspresi kucek-kucek matanya sambil nyengir-nyengir kayak keperihan gitu matanya.

Bedaknya Icha suka kita kasih di tempat bedak khususnya ada dua kotak,satu untuk punggungya, satu untuk wajahnya.Kita kasih secukupnya saja di kotak itu, soalnya suka diobok-obok Icha.Dioles-olesin di tangan, kaki, wajah sampai belepotan semua.Puas dioles-oles di badannya "ditumplek" di lantai, diusek-usek kemana-mana.Kalau udah gitu mulai deh Bunda cerewet …aduh sayang nanti licin lantainya, nanti kalau jatuh piye..dst..sementara Icha tetep masih sibuk dengan bedaknya…

Bedak yang ini lain lagi, bedak Bunda.Kalau Bunda lagi dandan ikut sibuk dandan juga.Jadi mesti nyiapin yang sudah ngga terpakai gitu.Tapi ya tetep yang diminta ya yang Bunda pakai.Ikut2an dioles-oles dipipi.Kalau bedak tabur ya ditumpah-tumpahin, kalau bedak padat diuik-uik, jadi bopeng deh.Ngga cuman bedak, dari hand body, lipstik sampai pelembab wajah jadi sasaran empuk buat mainan Icha.Icha juga tahu lho kalau bedak diolesin di wajah.hand body buat tangan dan kakinya.Lipstik di bibir dsb, bener-bener plek ketiplek ngikutin Bunda dandan.Kecuali parfum emang ngga pernah di kasih, takut kesemprot kena mata, kalau mau pakai sembunyi-sembunyi biar Icha ngga tahu…maaf ya Nak…

Satu lagi bedak yang suka diminta, caladine atau herosin.Bedak ini untuk Icha kalau lagi gatal digigit nyamuk atau biang keringat.Paling seneng mainin caladine lotion.Minta dikasih di tangannya..ni mama..sambil nunjuk tangannya..muk katanya..maksudnya minta bedak itu dikasih di tangannya untuk dikasih kulitnya yang digigit nyamuk (pura-pura), udah deh dioles-oles di tangan atau di kakinya.Udah habis minta lagi dituangin (sengaja ngga dikasih semua), kalau udah gitu kita bilangin sekali lagi Bunda kasih udah ya sayang…ya jawabnya.Dan ternyata komit lho Icha dengan jawabnnya ya tadi.Habis itu ngga minta lagi.Hmm pinter nurut ama Bunda.

Minum Air Putih

Sebelum bisa minum pakai gelas sendiri, Icha minum air putih masih pakai sedotan, jadi gelasnya tertutup.Sekarang sudah ngga mau minum pakai sedotan (kecuali aqua), harus pakai gelas pilihannya, gelas plastik atau gelas beling (kaca).Dulu pertama kali kita kasih gelas itu, bukannya di minum airnya malah dituang ke kursi atau lantai, udah habis minta diisi lagi, ditumpahin lagi , buat mainan.Tapi sekarang sudah tahu kalau dikasih air di gelas diminum ngga sengaja ditumpah-tumpahin lagi.Glek..glek..ah katanya..

Makan

Waktu umur 1 tahunan Icha sudah minta makan sendiri.Makanan yang akan disuapin diminta dan pasti akan dimainin dengan sendoknya kalau ngga tangannya ikut masuk ngobok-ngobok.Akhirnya kalau makan kita sediain 2 piring, satu untuk diobok-obok satu untuk disuapin, dan duduknya diberi alas, supaya ngga kemana-mana nasinya.Tapi itu sudah berlalu, sekarang kalau makan sudah tertib, duduk dengan manis disuapin kalau mau nyendok sendiri juga udah bener, aman deh acara makan-makannya.

Sejalan dengan usianya Icha sudah bisa dinasehatin, mana yang boleh mana yang tidak boleh sudah bisa kita terapkan dan alhamdulillah nurut, tapi adakalanya ngga nurut juga.Tapi maklum banget deh Nak Bundanya.Dan kebetulan ada artikel yang menarik banget terkait dengan hobby numpah-numpahin ini, silakan simak di sini

Ada kalimat yang sangat bagus "Perilaku batita bukanlah tindakan salah.Ia hanya berlaku sesuai proses pertumbuhannya.Meski wajar dan merupakan bagian dari proses pertumbuhan tetap perlu diarahkan."

11 thoughts on “Hobby Numpah-Numpahin

  1. bundaicha said: Tapi itu sudah berlalu, sekarang kalau makan sudah tertib, duduk dengan manis disuapin kalau mau nyendok sendiri juga udah bener, aman deh acara makan-makannya.

    Yokatta ne! mbak Icha udah pinter gak numpah-numpahin lagi, semoga de Lula nanti pinter kayak mbak Icha ya…

  2. bundaicha said: Tapi itu sudah berlalu, sekarang kalau makan sudah tertib, duduk dengan manis disuapin kalau mau nyendok sendiri juga udah bener, aman deh acara makan-makannya.

    DD icha lucu banget…bikin geumues..salam knal yach

  3. bundaicha said: Tapi itu sudah berlalu, sekarang kalau makan sudah tertib, duduk dengan manis disuapin kalau mau nyendok sendiri juga udah bener, aman deh acara makan-makannya.

    barusan juga buka nakita -nostalgia critanya hihi..- baca ttg tumpah menumpah ini. emang salah satu fasenya anak2 ya, sekarang Icha dh enggak ya. . kalo amal (3 thn) sukanya numplekin minuman makanan walo gk sengaja. tp selalu aja ketendang. lucu aja…

  4. nurjanah said: barusan juga buka nakita -nostalgia critanya hihi..- baca ttg tumpah menumpah ini. emang salah satu fasenya anak2 ya, sekarang Icha dh enggak ya. . kalo amal (3 thn) sukanya numplekin minuman makanan walo gk sengaja. tp selalu aja ketendang. lucu aja…

    Iya mbak, kebanyakan yang jadi topik di majalah atau tabloid tentang balita sering pas dengan masa tumbuh anak-anak kita ya.Wah kak Amal ngga cuma nendang bola ya…:)

  5. bundaicha said: pasti Tante, dik Lula pinter kayak Bapak Ibunya…:)

    Wah……..Tante setuju kalo icha numpah2in biar mama tambah repot,hehehe……..
    Itu suatu yang wajar kok mbak buat seumur Icha,Si Tasya aja udah umur 3.4 tahun masih doyan yang namanya numpah menumpah apalagi kalo’ lagi ngambek semua dech dibuat hancur…….
    Tinggal pusingnya lagi dech mamanya….

  6. yenisfamilyblog said: Wah……..Tante setuju kalo icha numpah2in biar mama tambah repot,hehehe……..Itu suatu yang wajar kok mbak buat seumur Icha,Si Tasya aja udah umur 3.4 tahun masih doyan yang namanya numpah menumpah apalagi kalo’ lagi ngambek semua dech dibuat hancur…….Tinggal pusingnya lagi dech mamanya….

    "hoorrrreeeee..didukung Tante Yeni…kata Icha"..he..he..kak Tasya kalau ngambek gitu ya..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s