Perbendaharaan kata

Sampai hari ini (Icha hampir 21 bulan) sudah banyak kosa kata yang bisa diucapkan Icha, cepet banget nirunya.Jadi mesti lebih berhati-hati bertutur kata nih.Dan tentu jadi lebih enak komunikasinya dengan Icha, karena sudah bisa ditanya maunya apa, walaupun masih belepotan ngomongnya, kita yang mesti pinter-pinter untuk bertanya ulang, biar klop…ya kan Nak?

Icha memanggil…

Ayah.Pertama kali sekitar umur 11 bulan Icha panggil Ayahnya dengan Yah..Yah..tapi sekarang sudah jelas manggil Ayah..

Mama.Manggil Mama setelah Icha panggil Yah..Yah.., karena kata Mama ini baru Icha kenal sejak usia 1 tahun.Sebelumnya kita ajarkan untuk panggil Bunda.Dari bayi sampai 1 tahun kenalnya ya Bunda, tapi pengucapannya susah kali ya.Pertama Icha sering sebut mamamia..yang akhirnya diucapkan jadi Mama untuk panggil Bunda.Mama masih pingin dipanggil Bunda aja ya Nak…nanti kalau dah bisa bilang Bunda panggil Bunda ya…he..he..

Dede.Untuk dirinya sendiri.Kalau ditanya DD namanya siapa? Apa jawabnya…bukan Icha tapi adik..kalau dibalik…Adik namanya siapa? DD..lho..Ini terkait kebiasaan kami panggilan di rumah bukan namanya tapi dari kecil manggilnya DD,kalau diajarin nama DD Icha…dia akan menirukan Ca…tapi kalau ditanya ya begitu lagi namanya DD.

Mbah.Panggilan untuk Mbah Uti ama Akung ngga ada bedanya semuanya dipanggil Mbah.

Papi Mami.Panggilan ini untuk kakak Bunda yang tinggal di Bogor dan Solo, Papi Iwan & Mami Upik.Papi Dedi & Mama Eli.Soalnya kalau manggil Budhe ama Pakdhe susah, Icha belum bisa mengucapkannya.

Om.Om Icha ada 3….1) Om Hari, kakak Ayah yang ngga mau dipanggil Pakdhe, tapi Om aja…2) Om Bowo, kembarannya Ayah, Icha kalau manggil Om Wowok…3) Om Aji, adiknya Bunda, waktu di Boyolali suka digelendotin Icha..Om..Om…

Tante.Adik Ayah suka dipanggil Icha Nte Titik..

Kakak.Teman-temannya sering dipanggilnya kakak, termasuk sepupunya Icha, kakak Puput.

Mbak.Untuk panggil mbaknya yang momong Icha panggil mbak.Dan untuk sepupunya di Solo, Icha juga panggil mbak Della.

Untuk boneka kesayangan atau binatang: kuku (kura-kura), Do (Dora), momon (Monyet), babi, moh (sapi), bibik (bebek), tak (katak), mbik (kambing), guk-guk (anjing), oa (kecoa), muk (nyamuk), aming (boneka singa yg bunyi i’m coming), mut (semut), aum (singa/macan), i (ikan), hap (cicak…kok hap jauh ya…) , pus / miong (kucing), mi (mickey mouse)

boneka-boneka Icha

Icha berkata…

Akku

Kalau minta minum air putih Icha akan bilang "akku".Yang dimaksud akku adalah aqua.Dua bulan yang lalu dia bisa bilang aq..wa..tapi sekarang malah akku doank, dengan tekanan seperti q dan k gitu lucu deh..Satu gelas aqua bisa habis sendiri lho.Sedotannya suka diamin-mainin, ditarik dimasukin lagi, pas ke lubang sedotannya.Kalau airnya tinggal sedikit Icha minta buka semua tutup plastiknya dan akan dihabiskan seperti minum gelas.Untuk menyebutkan galon di dispenser Icha juga bilang akku.Pas Ayah ganti galon Icha juga akan ikut sibuk, seperti bersihin pakai tissu basah, bahkan coba-coba untuk angkat galonnya..uugghh..keluhnya pas angkat galon ngga kuat..hi.hi..ya jelas tho nak belum kuat angkat galon..

Ayo

Ini pertanda persetujuan Icha untuk melakukan sesuatu.Jawaban Icha "ayo" atas pertanyaan kita untuk mengajak melakukan sesuatu hal.Kalau belum bilang ayo dia juga ngga akan bergerak menuruti perintah kita.Misalnya :

Bangun tidur biasanya Icha akan bilang pipis..pipis..sambil masih guling-guling di kasur."Ayo kalau mau pipis bangun, berdiri sayang…" Icha akan bilang ayo" sambil bangun, berdiri, turun dari kasur dan berjalan ke kamar mandi, ditatur dech…

Mandi biasanya Icha juga menyatakan ayo untuk mau mandi."Udah sore sayang ayo mandi.." Ayo…sambil berlari kecil ke kamar mandi.Tapi kalau belum mood mau mandi Icha juga nolak lho diajak mandi..ndak.ndak katanya.

Makan…" yo kita makan.."…Yo ayo kata Icha sambil naik ke kursi makannya.Naik sendiri ke kursinya lho…nyam..nyam…

Air

Mama : "ini apa dik" sambil nunjuk air di bak

Icha : air..

Mama : "Air gunanya untuk apa dik?"

Icha : mandi..

Mama : "Untuk apa lagi?"

Icha : mimik..

sepenggal tanya jawab Icha dan Mama yang bikin kaget dan bangga juga sih, saat ditanya apa gunanya air bisa jawab begitu.Makin pinter ya Nak…alhamdulillah..

Adduh

Kata ini diucapkan Icha untuk keluhnya saat ada gerakan atau badannya kena sesuatu yang bikin dia sakit.Seperti kalau bergelut dengan boneka2nya Icha akan bilang adduh..adduh…mungkin maskudnya ngajak bercanda dengan bonekanya.Kalau bisa ngomong bonekanya akan bilang adduh..adduh juga kali ya saat diuyel2 Icha..

As

As ini maksudnya awas.Setiap kali ada yang menghalangi Icha bilang as..as..atau mau lewat terus ada yang menghalangi bilangnya juga as..as..Bilang as ini ama siapa aja, kadang jadi ngga enak hati kalau ama mbah, Icha juga suka bilang as..as..aduh maaf ya mbah, mestinya bilang permisi mbah, gitu ya Nak?

As juga dipakai Icha saat masuk pintu rumah atau ketok-ketok pintu kamar mandi, maksudnya Assalamu’alaikum, yang baru terucap as nya aja, nanti lama-lama bisa lengkap ya Nak salamnya…amin..

Aju & Atet

Habis mandi kita ambil baju dari lemari yang biasanya Icha ikut sibuk juga ambil bajunya ..aju..aju…atet…(jaket)…nunjukin bajunya satu-satu…

Addeng

Baru tadi pagi nih Icha bilang addeng saat minta ager-ager…

Awan

Setiap pagi jalan-jalan sambil lihat awan Icha akan bilang awan..awan..Paling suka juga minta digambarin awan yang dibawahnya digambar laut ama ikan.

Bau

Bau sering diucapkan Icha sambil pencet hidung kalau dekat dengan kura-kura.Icha seneng banget main kura-kura, setiap saat pingin main ama kura-kura.Kadang tempatnya belum dibersihkan atau kura-kuranya belum "dimandiin", jadi kadang kita larang mainan kalau kura-kuranya masih kotor.Kita suka bilang kura-kuranya bau dik, nanti aja ya mainnya kalau kura-kura udah mandi.Nah, sejak itu Icha ngga sembarangan mau main ama kuku.Kalau airnya kotor Icha bilang kuku bau Mama…sambil tutup hidungnya…

Sebelumnya maaf nih mau cerita yang satu ini…Icha suka tutup hidung dan bilang bau juga saat kentut..sambil bilang dut..

Habis

Kata yang sering diucapkan sejak 1 tahun.Pernah Bunda ceritakan di Celoteh Icha http://bundaicha.multiply.com/journal/item/4

Hah

Kalau pas lihat makanan yang ada cabenya (merah) Icha bilang hah (pedes maksudnya)..Untuk cabenya Icha bisa bilang be..be..dilanjutkan hah gitu..
Pernah dikasih kue ama mbah yang ada lapis merahnya, Icha ngga mau malah bilang hah, dikira pedes kali ya..

Hawo..Hai…

Sapaan telepon Icha waktu telepon.

Huuuu

Dari kecil seneng liat pesawat yang lewat.Kebetulan rumah deket Halim, jadi pesawat terbang rendah, kelihatan jelas.Kalau ada yang lewat sambil monyong-monyong mulutnya..huuuuuu..huuuuuu..niruin suara pewasat.

Iya

Selain ayo untuk setuju apa tidak kadang Icha bilang iya.Ini saat belum bisa ngomong ayo atau mau, Icha sering mengiyakan dengan kata iya..adik mau susu? iya..katanya…

Is

Is..is buat bilang kalau mau minta susu.

Maem

Maem Mama, pintanya saat lapar..Paling seneng maem ama krupuk, dijamin lahap dan habis.Maemnya juga suka ditemenin kripik kentang, Icha suka bilang pik..pik…

Mau

Ini tanda persetujuan Icha setelah Icha bisa bilang iya dan ayo.Jadi kalau kita tanya adik mau susu bukan iya lagi jawabnnya tapi bilang mau…(bibirnya njudir gitu saat bilang huruf u terakhir..)

Nana

Nana diucapkan Icha kalau lagi main ama bonekanya terutama Dora, pura-pura Dora pipis terus celananya mau diganti Icha..Do..na..na..katanya..

Naik

Bulan lalu Icha masih bilang nanik untuk bilang naik…kata nanik ini pertama kali diucapkannya waktu mau ikut kakak Fitri naik ke atas tempatnya bermain.Sekarang sudah lebih jelas ngomongnya ngga nanik lagi tapi naik.Selain yang pernah ditulis di blog sebelumnya kata naik masih banyak dipakai Icha, diantaranya

Lihat semut Icha akan tunjuk-tunjuk semutnya terus disuruh naik ke atas tembok sama Icha..ayo naik..naik..katanya..

Saat lihat iklan, film kartun yang ada adegan naik, entah itu naik tangga, naik kuda Icha akan langsung kasih komentar naik..naik…

Boneka-bonekanya terutama yang besar-besar pasti akan dinaikinya seperti naik kuda.Naik katak…naik momon..

Nenen


Nah ini dia "nenen" yang umumnya dipakai untuk minta ASI, tapi Icha bilang nenen untuk naik kendaraan, mobil, motor, angkot, becak, sepeda roda tiganya..semua disebutnya nenen.Waktu itu pas Icha nguyel2 Bunda terus Bunda godain minta nenen ya, Icha malah lari keluar nunjuk motor Ayah..nenen..nenen…minta jalan-jalan naik motor.Sejak saat itu kita tahu kalau Icha bilang nenen berarti naik kendaraan.

Nyanyi

Dari bayi kita sering dendangkan lagu anak-anak, sampai sekarang.Kalau Icha mau dinyanyiin Icha kasih tanda dengan tepuk tangan sambil bilang nyanyi Mama…terus Mama nyanyi Icha yang tepuk-tepuk tangan.Hap..kata Icha untuk lagu cicak cicak didinding…alon..balonku ada lima..

Ni

Ni dipakai untuk menunjuk sesuatu juga untuk manggil temannya..kakak nini (sini)..

Ndak

Penolakan Icha terhadap sesuatu yang kita ajukan.Pernah kita tanya Icha nanti besok gedhe jadi dokter ya..ndak katanya…lho kok ngga mau..terus pernah ditanya juga besok sekolah ya..ndak katanya juga.Wah semoga ini bukan penolakan beneran…

Pipis & Pup

Sekarang Icha sudah bisa membedakan pipis dan pup.Kalau mau pipis dia akan bilang pipis, terus lari ke kamar mandi tapi kadang masih ngompol juga.Kalau pup sudah di kamar mandi, alhamdulillah ngga pernah "ngompol" kayak pipis.Bahkan pakai diapers aja kalau mau pup ya harus di tatur di kamar mandi, ngga mau di diapersnya.Repot kalau lagi dalam perjalanan.

Pipi

Jelas untuk pipinya yang endut..

Papu

Ikut sibuk kalau mbaknya atau Bunda lagi nyapu lantai.Kadang juga inisiatif sendiri, kalau ada yang kotor langsung ambil sapu di dapur..papu..papu..

Tas

Setiap pulang kantor kalau belum tidur, Icha akan menyambutku di depan pintu, salim, dipeluk dan dicium Mama….muaacch…selanjutnya Icha akan minta tasku untuk dibuka-buka, cari oleh-oleh atau ngga majalah anak-anak yang sering Bunda bawa, Bobo, Princess, Kids magazine dll..Tas..tas..pintanya.Kalau ngga ada oleh-oleh yang diambil pertama pasti dompet Bunda, terus uangnya diambil sambil dihitung..atu..uwa..

Dora yang selalu bawa tas dipunggung semakin melatih Icha ngomong tas…baik lihat Dora di TV, CD, gambar, sprei, dimana aja, Icha akan bilang tas..tas.."Tas Dora dipakai dimana dik?" Lalu Icha akan nunjuk pungungnya..he..he..pinter ya, tas Dora namanya ransel…

Setiap kita pergi, perlengkapan Icha pasti dimasukkan ke tas khususnya Icha.Icha tahu kalau tasnya disiapkan pasti mau diajak pergi jadi semangat dimandiin, didandanin jadi nurut dech..Kalau sudah selesai semua Icha akan minta tasnya untuk dibawa mbak…Pernah pas mau pergi tasnya belum dimasukkan ke mobil seperti mau mengingatkan Icha bilang tas..tas..ho..ho…makasih sayang tasnya jadi ngga tertinggal!

Tipi

Paling seneng lihat iklan dan kartun-kartunnya Global TV dan Lativi.Kalau Tv belum nyala Icha akan minta distelin Tv..tipi..tipi..

Tetet

Untuk terompet Icha akan sebut tetet..tetet…

Tati

Untuk kaki Icha yang mungil.

***

Perbendaharaan kata ini untuk melengkapi kata-kata Icha yang pernah Bunda tulis di blog ini karena sekarang sudah semakin banyak kata yang diucapkan jadi Bunda gabung deh jadi satu.Banyak juga ternyata, ya.

12 thoughts on “Perbendaharaan kata

  1. wah de icha udah makin pinter ya… cepet ya komunikasinya, dhafin agak telat… sekarang udah cerewet banget tapi banyak belum jelasnya…. mudah2an lama2 makin jelas…. kata dokter mama n papanya pendiem??? hehe padahal cerewet

  2. rinrinjamrianti said: wah de icha udah makin pinter ya… cepet ya komunikasinya, dhafin agak telat… sekarang udah cerewet banget tapi banyak belum jelasnya…. mudah2an lama2 makin jelas…. kata dokter mama n papanya pendiem??? hehe padahal cerewet

    jangan khawatir teh nanti lama2 juga jelas ngomongnya…apalagi mama papanya piiiinterrrr…pasti dhafin juga piiiinterrrrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s