Celoteh Icha

aku baru belajar ngomong…!

Icha sekarang lagi seneng-senengnya berceloteh.Celotehannya lucu dan kadang kita ngga ngerti apa yang dia katakan, tapi kita tahu aja tuh apa maunya.Setiap kali dia minta sesuatu kita akan ulang permintaannya dengan kata-kata yang jelas, kalau dia setuju dia akan bilang yak..yak..kalau engga sesuai keinginannya dia akan merajuk eeeegggg..sambil mengeleng-gelengkan kepalanya.Sering dia berceloteh mamia mamia mamia,celoteh favorit Ayah, sampai-sampai Ayah panggil Bunda mamia…Bunda panggil Ayah papia…he..he..tapi papia ngga dicelotehin Icha.Ada pertanyaan yang tiap hari kita ajuin ke Icha, dia jawab dengan jelas dan jawabannya selalu sama : "Icha sudah makan? Udah…"Maemnya pakai apa? Mimik.."Habis ngga maemnya? Habis..Sudah makan ataupun belum dia akan jawab sama..hi..hi..lucunya.Ngomong-ngomong soal kata "habis" ini kata pertama yang paling sering dan jelas diucapkan, dia juga tahu maknanya lho…Setiap makan dan lihat piringnya habis, dia akan bilang habis..; lihat VCD ataupun TV yang di setiap selesai acara (ada tulisan jalan ke atas yang menandakan selesainya acara) dia akan bilang habis..; lucunya kata habis akan dia ucapkan juga saat sampai rumah habis jalan-jalan naik motor atau mobil.Pernah suatu saat ada kucing naik pohon (dia paling seneng lihat kucing…) dan kucing itu menghilang setelah naik genting, dia bilang habis…ha..ha…

Tapi Icha belum bisa panggil Bunda nih, panggilnya malah mama…susah kali ya panggil Bunda..kalau Ayah, setiap bangun pagi dia panggil Ayahnya..Yah..untuk bangunin Ayahnya.Dan setelah itu dia akan mainan bonekanya sambil berceloteh..tzzeettheehh..betthhststtsz..betthazzhzzhzhhzzz..dsb..O,ya ngomong-ngomong boneka Icha semua ada namanya lho!Ada mon-mon, dino,do, pindi, panda, wog-wog, ting-ting, mbik, katak kecil, katak besar, tung-tung, bunga, pisang, pig-pig, aming, ai, ..dan dia tahu semua, kalau disuruh ambil boneka dengan kita sebut namanya dia pasti akan ambil di kotak mainannya dengan benar.Boneka yang paling dia suka (selalu dibawa kemanapun pergi) adalah aming, ini boneka singa kecil yang kalau dipencet bisa bunyi ..i’m coming..sama Icha suka ditirukan aming..jadi kita panggil boneka itu aming…kayak bintang extravaganza..he..he..tapi boneka yang sering dia ucapkan adalah babi..hmm.jelas banget kalau ngomong babi, mungkin ini juga pengaruh dari film favoritnya The Lion King I dan II, ada Pumba yang memang seekor babi, bonekanya mirip Pumba.Satu lagi boneka yang sering disebut-sebut yaitu Dora, dia akan panggil do..do..begitu juga saat lihat filmnya setiap jam 07:00 sambil makan pagi, dia akan pangil-panggil do..do..

masih ngantuk..tapi mau maen boneka..

Icha juga sudah mengerti apa yang kita perintahkan, untuk duduk, berdiri, menunjuk anggota tubuhnya dia sudah bisa sejak umur 9 bulan.Dari rambut, kuping, gigi, hidung, mata, kening, dada, perut, paha, kaki, jari, semua sudah ditunjuk dengan benar. Ada yang lucu ketika aku bilang bathuk (kening) nya mana?Dia bukannya nunjuk keningnya tapi malah menirukan orang bathuk..oo..salah, mesti pakai bahasa Indonesia kali ya.., dan bathuk sekarang ngga pernah aku ucapkan lagi untuk nunjuk kening.Kalau ditanya jarinya mana dia akan nunjuk jari-jarinya seperti orang berhitung, setelah itu kita hitung dan kalau sudah 10..dia tepuk tangan senang..ih..lucunya!Icha juga sudah bisa meminta sesuatu, seperti minum dia akan bilang mimik..kalau kita tawarkan air putih dia ngga mau dia akan bilang ess.esss..esss atau kadang tu..tu..untuk minta susu.Mau pipis dia juga sudah tahu, sambil bilang pipis..pipis..dia akan lari ke kamar mandi (kalau di rumah), tapi kadang sudah keluar baru bilang pipis alias ngompol.Untuk pup sama pipis dia belum bisa bedain, walaupun pup dia juga akan bilang pipis, makanya kita tatur di lubang WC..hi..hi..karena ada cerita, waktu itu pernah dia bilang pipis, pas kamar mandi satunya lagi dipakai kita tatur di kamar mandi untuk mandi ehhh..ternyata dia pipis dan pup..waaaaaahhhhh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s